detikNews
Selasa 30 Agustus 2016, 14:28 WIB

Hari Pertama Aturan Ganjil-Genap, 219 Pelanggar Ditilang

Mei Amelia R - detikNews
Hari Pertama Aturan Ganjil-Genap, 219 Pelanggar Ditilang Pengemudi ditilang karena lintasi jalur ganjil-genap/ Foto: Ari Saputra
Jakarta - Hari pertama penindakan sistem ganjil-genap, masih banyak pengendara yang melakukan pelanggaran. Pada pagi hari, total ada 219 pengendara yang terdata melanggar sistem ganjil-genap ini.

"Hasil penindakan dengan tilang dalam kaitan pembatasan kendaraan sistem ganjil-genap hari ini pada pukul 07.00-10.00 WIB, total ada 219 pelanggar yang kami tindak," jelas Kasubdit Pembinaan dan Penegakan Hukum (Gakum) Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Budiyanto kepada detikcom, Selasa (30/8/2016).

Budiyanto mengatakan, para pelanggar dikenakan Pasal 287 UU Lalu Lintas Angkutan Jalan dengan ancaman pidananya 2 bulan, atau denda maksimal 500 ribu.

"Untuk slip tilangnya ada slip merah dan ada yang minta slip biru. Kalau slip merah berarti pelanggar harus datang sendiri ke pengadilan, kalau slip biru denda tilang maksimal dititip ke bank BRI," jelas Budiyanto.

Hari pertama penindakan sistem ganjil-genap yang paling banyak pelanggaran terdapat di Traffic Light (TL) Bundaran Senayan yakni 15 pelanggar. Kemudian di ramp Senayan, ada 13 pelanggar yang ditilang.

Pelanggaran juga terjadi di TL Oteva (6 pelanggar), TL Bundaran Indosat (8 pelanggar), TL Kebon Sirih 1 pelanggar, TL Sarjnah 2 pelanggar, TL Bundaran HI (3 pelanggar), TL CSW (4 pelanggar) dan ramp Cakra (6 pelanggar).

"Dari para pelanggar ini ada yang disita SIM (Surat Izin Mengemudi) dan STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan)," pungkas Budiyanto.
(mei/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com