ADVERTISEMENT

Berbahaya Bagi Penerbangan, Penjual Laser Masih Bertebaran di Jakarta

Noval Dhwinuari Antony - detikNews
Senin, 29 Agu 2016 06:24 WIB
Foto: Noval Dhwinuari Antony/detikcom
Jakarta - Beberapa waktu yang lalu sempat ramai penjual laser hijau di berbagai daerah di Jakarta. Namun, setelah diketahui bahwa laser mengganggu bahkan berbahaya bagi penerbangan, jumlah penjual laser langsung berkurang drastis.

Pihak kepolisian sempat melakukan beberapa tindakan sampai melakukan razia para penjual laser. Dahulu, penjual laser di wilayah Jakarta banyak mangkal di sepanjang jalan di pinggir Kanal Banjir Timur (KBT).

Setelah jumlahnya yang sempat berkurang jauh, kini ternyata penjual laser mulai muncul kembali. Mereka menjual dagangan di pinggir jalan.
Foto: Noval/detikcom

Seperti penjual laser pada umumnya, para pedagang selalu menyalakan salah satu barang dagangannya. Lampu laser diarahkan ke langit. Saat dinyalakan, garis hijau dari cahaya laser memang terlihat jelas memanjang.

Salah satu penjual laser yang masih berdagang bisa ditemukan di Jl Warung Jati, Jakarta Selatan. Seorang penjual laser menjajakkan dagangannya di seberang jalan di dekat Sevel Warung Jati.

detikcom sempat menyambangi penjual laser itu semalam, Minggu (28/8/2016). Sayangnya, penjual laser yang merupakan seorang pemuda itu menolak diwawancara, bahkan dia melarang saat detikcom mencoba mengambil foto.

Hampir setiap malam, penjual laser itu mangkal di tempat yang sama. Warga yang berkendara dari arah Mampang menuju Pejaten pasti akan melihat penjual laser yang berada di kiri jalan.
Foto: Noval/detikcom

Sebenarnya, di tempat-tempat lain di Jakarta juga masih mudah ditemukan pedagang laser hijau. Salah satunya di daerah Cilandak. Beberapa pedagang masih terlihat berjualan di pinggir jalan di dekat RSUD Pasar Minggu.

Padahal, sinar yang dihasilkan dari lampu laser tersebut sudah dinyatakan berbahaya bagi penerbangan. Jangkauan laser yang sangat jauh bisa mengganggu lalulintas penerbangan. Beberapa maskapai dan otoritas bandara pun sempat menyatakan keberatan akan maraknya penggunaan laser di ruang terbuka.

(Hbb/Hbb)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT