Kisruh di Trisakti, 71 Pria yang Diamankan Masih Diperiksa dan 75 Lainnya Dipulangkan

Mei Amelia R - detikNews
Rabu, 24 Agu 2016 19:12 WIB
Foto: Hasan Alhabshy
Jakarta - Total 146 orang pria diamankan terkait kisruh di kampus Trisakti, Jl Kyai Tapa, Grogol, Jakarta Barat. Dari 146 orang tersebut, 71 orang di antaranya masih dilakukan pemeriksaan intensif di Polda Metro Jaya.

"Kalau yang 75 orang yang didata di depan SPKT tadi sudah dipulangkan semua, sementara yang 71 orang yang diamankan sore tadi masih didata dan diperiksa," jelas Kanit IV Subdit Kamneg Ditreskrimum Polda Metro Jaya Kompol Armayni kepada detikcom, Rabu (24/8/2016).

Armayni mengatakan, 71 orang tersebut masih diperiksa. Sejauh ini polisi masih mendalami dugaan pidana yang dilakukan oleh puluhan orang tersebut.

"Masih didalami pidananya apa. Paling terkait sekuriti yang diikat saja. Kalau terkait sengketa Trisakti itu dari pihak Trisakti juga belum ada laporan ke kita pidananya apa," jelas Armayni.

Kisruh bermula ketika ratusan orang memaksa masuk ke dalam kampus dengan cara merusak gembok gerbang kampus. Tujuh orang sekuriti sempat diikat dan dipaksa untuk meneken surat pernyataan dukungan terhadap salah satu pihak yang bersengketa.

Kampus Trisakti ini memang dipersengketakan antara pihak yayasan dan otorita. Pagi ini, pihak yayasan akan menempatkan rektor yang dilantik yakni Ir Edi Hamid. Pengerahan massa juga dilakukan, di mana ada puluhan sekuriti dari pihak yayasan yang masuk ke kampus dan menutup semua gerbang kampus.

(mei/dra)