DetikNews
Rabu 24 Agustus 2016, 17:48 WIB

Komisi V DPR Usul Bentuk Panja Angkutan Lebaran 2016

Bisma Alief - detikNews
Komisi V DPR Usul Bentuk Panja Angkutan Lebaran 2016 Foto: Komisi V DPR Evaluasi Angkutan Lebaran Bersama Menhub dan sejumlah maskapai/ Bisma detikcom
Jakarta - Rapat evaluasi angkutan Lebaran 2016 antara Komisi V DPR RI bersama pemerintah menghasilkan 3 kesimpulan. Salah satunya, Komisi V akan membentuk Panja (Panitia Kerja) untuk mendalami permasalahan yang terjadi pada angkutan Lebaran 2016 lalu.

Kesimpulan hasil pertemuan dengan Menhub dibacakan oleh Ketua Komisi V DPR RI Fary Djemy Francis di depan Menhub Budi Karya Sumadi, Kepala Badan Infrastruktur Wilayah Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Hermanto Dardak, serta Wakil Kakorlantas Polri Brigjen Indrajit dan anggota Komisi V.

Kesimpulan pertama, Komisi V DPR RI memberi apresiasi kepada pemerintah dan semua pemangku kepentingan terkait turunnya angka kecelakaan penyelenggaraan angkutan Lebaran tahun 2016 ini.

"Di samping itu Komisi V DPR RI menyampaikan turut berduka cita dan menyesalkan jatuhnya korban jiwa selama penyelenggaraan angkutan Lebaran 2016," kata Djemy membacakan kesimpulan Komisi V di ruang rapat Komisi V DPR RI, Senayan, Jakarta, Rabu (24/8/2016).

Kedua, Komisi V mendesak pemerintah untuk meningkatkan koordinasi lintas sektor dan melakukan evaluasi yang lebih rinci yang komperhensif terhadap penanganan arus mudik dan arus balik. Meningkatkan fungsi pengawasan, penegakan hukum dan ketersediaan sarana dan prasarana lalu lintas dan angkutan jalan. Serta peningkatan sarana dan prasarana pencarian dan pertolongan agar kejadian yang sama tidak terulang.

"Ketiga, untuk lebih mendalami berbagai macam permasalahan yang terjadi pada masa angkutan Lebaran 2016, Komisi V DPR RI mengusulkan untuk pembentukan panitia kerja (Panja) yang akan dibahas pada rapat intern," ujar Djemy.

"Jadi kita belum sebutkan fokusnya seperti apa Panja ini. Karena baru akan dibahas pada rapat intern," tutupnya.
(nwk/nwk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed