Menyapa Mantan Menteri

Sudirman Said, Telaga Ranjeng dan Pesona Wisata Brebes

Ahmad Toriq - detikNews
Jumat, 19 Agu 2016 18:09 WIB
Sudirman Said di Telaga Ranjeng (Hasan Alhabshy/detikcom)
Brebes - Sudirman Said tak hanya memanfaatkan waktu pulang kampungnya ke Brebes, Jawa Tengah, untuk bersilaturahmi dengan keluarga, tapi sekaligus berwisata. Salah satu tempat wisata yang jadi tujuan Sudirman dan keluarganya adalah Telaga Ranjeng.

Ditemani istrinya Astried Swastika, sahabatnya Waspuri, dan dua adiknya, Sartono Said dan Nuridin Alim, Sudirman Said berwisata ke Telaga Ranjeng, Kamis (11/8/2016). Waspuri mengatakan Sudirman sudah lama ingin ke Telaga itu.

Sudirman Said di Telaga Ranjeng (Hasan/detikcom)

Telaga Ranjeng merupakan kawasan wisata cagar alam yang berlokasi Desa Pandansari, Jawa Tengah, di bawah kaki Gunung Slamet. Meski letaknya di Brebes, namun pengelolaannya ada di bawah Perhutani Pekalongan Timur. Telaga ini dibangun tahun 1924.

Telaga Ranjeng ini memiliki luas 48,5 hektare. Terdiri dari hutan damar dan pinus yang mengelilingi telaga.

Selain pemandangannya yang menarik, daya tarik Telaga Ranjeng juga ada pada mitosnya. Di dekat telaga besar itu, terdapat kolam kecil. Di pagi hingga siang hari, kolam kecil itu dipenuhi puluhan, bahkan mungkin ratusan ikan. Ikan-ikan di kolam itu tak boleh diambil. Menurut cerita penjual roti untuk makan ikan di dekat kolam, yang mengambil ikan di kolam itu akan dinaungi bencana. Di sore hari, ikan-ikan di kolam itu akan menghilang dengan sendirinya. Penjual roti mengatakan ikan-ikan itu kembali ke telaga.


Sudirman Said tampak antusias ketika tiba di Telaga Ranjeng. Dia langsung mengeluarkan handphonenya untuk mengambil gambar telaga itu. Jepret! Jepret! Sudirman juga berpose bersama istrinya.

Namun Sudirman tak lama di telaga itu. Setelah foto-foto dan wawancara dengan detikcom, Sudirman melanjutkan perjalanan menuju Agrowisata Kebun Teh Kaligua, Brebes. Objek wisata ini pernah menjadi tempat reuni Sudirman bersama-sama teman SMA-nya.

Pemandangan di perjalanan menuju Agro Wisata Kaligua (Toriq/detikcom)

Agrowisata Kaligua adalah kawasan wisata agro dataran tinggi yang terletak di Desa Pandansari, Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Tepatnya di wilayah Brebes bagian selatan. Agrowisata Kaligua dikelola oleh PT Perkebunan Nusantara IX (Persero) Jawa Tengah dan merupakan diversifikasi usaha untuk meningkatkan optimalisasi aset perusahaan dengan daya dukung potensi alam yang indah.

Puncak Gunung Slamet bisa terlihat dari tempat ini. Udaranya sejuk, fasilitas wisata outbondnya juga terbilang lengkap. Tempat ini jadi salah satu destinasi wisata favorit saat Lebaran 2016 lalu. Rombongan Sudirman Said makan siang di tempat ini.

Fasilitas wisata di Agro Wisata Kaligua (Toriq/detikcom)

Selesai makan, rombongan Sudirman menuju tempat wisata lainnya yang letaknya di wilayah Salem, Brebes. Tepatnya, rombongan Sudirman menuju Puncak Gunung Lio.

Gunung Lio yang berada di perbatasan Salem dan Banjarharjo memiliki pemandangan yang indah. Dari puncak gunung Lio, terdapat menara pandang yang menampilkan keindahan alam Brebes. Selain itu, terdapat hutan pinus yang eksotis.

Sudirman Said dan istri di puncak Lio (Hasan Alhabshy/detikcom)

Sudirman tak hanya sekadar berwisata. Dia juga menemui pengelola wisata puncak gunung Lio itu. Sudirman menyerap aspirasi, mencari kemungkinan untuk mengembangkan tempat itu.

Sudirman Said di Hutan Pinus (Hasan Alhabsy/detikcom)

Nuridin Alim, adik Sudirman Said, mengatakan Brebes tak hanya menarik karena keindahan alamnya, tapi juga keramahan warganya. Dia menuturkan, pada saat macet parah mudik Lebaran 2016 lalu, warga Brebes banyak yang membantu pemudik, baik untuk buka puasa maupun menyediakan tempat istirahat. Namun dia menyayangkan yang muncul di pemberitaan hanya bensin mahal Rp 50 ribu.

"Padahal banyak sekali yang menyediakan buka secara cuma-cuma untuk pemudik. Bahkan ada satu keluarga yang menghabiskan hingga Rp 13 juta," ungkap Nuridin. (tor/fjp)