DetikNews
Kamis 18 Aug 2016, 12:56 WIB

Soal LRT, Noerdin: Kami akan Mendahului, Sampaikan Maaf pada Gubernur DKI

Ardan Adhi Chandra - detikNews
Soal LRT, Noerdin: Kami akan Mendahului, Sampaikan Maaf pada Gubernur DKI Foto: Ardan Adhi Chandra
Palembang - Kemajuan pembangunan proyek kereta ringan alias Light Rail Transit (LRT) Palembang terus dikebut. Geliat pembangunan di kelima zona juga terus dilakukan dengan pemasangan tiang pancang untuk menjaga lintasan kereta yang melayang atau elevated.

Sampai hari ini, pembangunan proyek LRT Palembang sudah mencapai 11% dan ditargetkan selesai Juni 2018 sebelum pelaksanaan Asian Games 2018 di Jakabaring Sport Center.

Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin turut berbahagia dengan kemajuan pembangunan di daerah yang ia pimpin. Dirinya mengungkapkan alasan meminta pemerintah pusat membangun sistem transportasi massal karena alasan padatnya lalu lintas di Palembang. Bahkan diperkirakan di tahun 2019, kepadatan lalu lintas di Palembang akan mencapai puncaknya dengan kemacetan yang luar biasa.

"Ide LRT survei kita traffic di Palembang. Di 2019 Palembang akan macet total dan terkunci. Keluar dari garasi bisa maju, nggak bisa mundur. Ini harus diatasi dengan transportasi massal," jelas Alex saat meninjau Zona 1 proyek LRT Palembang, Sumatera Selatan, Kamis (18/8/2016).

Sebelumnya, ia sempat berpikir untuk mengusulkan pembangunan monorail di Palembang. Namun, ide tersebut tidak sampai diusulkan setelah dikaji biaya investasinya yang terbilang mahal. Kemudian Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan mengusulkan pembangunan LRT dengan biaya investasi yang jauh lebih rendah.

Dengan adanya LRT sepanjang 23 kilometer (KM) dari Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II, nantinya para atlet dan official dari negara Asia dapat langaung menuju ke Jakabaring Sport Center tanpa perlu menunggu lama.

"Kami usulkan monorail tapi mahal. Kemudian LRT sekaligus menambah Asian Games. Insya Allah atlet dan official turun di airport kemudian imigrasi dan custom naik LRT turun di Jakabaring," tutur Alex.

Dengan kemajuan pembangunan LRT Palembang yang sudah mencapai 11%, dirinya optimistis dapat melayani kebutuhan transportasi Asian Games 2018. Dirinya juga menyampaikan permintaan maaf kepada Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok bahwa proyek LRT Palembang akan selesai lebih dulu dibandingkan proyek LRT Jakarta.

"Jakarta sendiri belum selesai, kami akan mendahului. Sampaikan maaf saya kepada Pak Gubernur," tutup Alex.
(nwk/nwk)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed