Cuaca Ekstrem Tak Halangi Perayaan HUT RI di Riyadh dan Doha

Bisma Alief - detikNews
Kamis, 18 Agu 2016 01:06 WIB
Foto: dok. Istimewa
Jakarta - Jakarta - Suhu 43 derajat celcius tidak menghalangi masyarakat Indonesia di Riyadh, Arab Saudi menghadiri upacara HUT RI ke-71. Perayaan upacara HUT RI yang dipusatkan di KBRI Riyadh tetap berlangsung khidmat dan meriah dengan berbagai lomba.

Upacara HUT RI ke-71 dipimpin langsung oleh Dubes RI Riyadh, Agus Maftuh Abegebriel yang bertindak sebagai inspektur upacara. Sedangkan komandan upacara, Mayor Laut (P) Dafris dan Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) dari Siswa-siswi Sekolah Indonesia Riyadh (SIR). Upacara tersebut dihadiri oleh kurang lebih 300 WNI yang bermukim di Riyadh, termasuk pejabat dan staf KBRI Riyadh. Upacara dimulai sekitar pukul 06.45 waktu setempat atau 10.45 WIB.



Rangkaian peringatan HUT RI ke-71 di KBRI Riyadh sebenarnya sudah dimulai jauh-jauh hari sebelum acara puncak tanggal 17 Agustus. Berbagai perlombaan bahkan sudah diadakan sejak bulan Juli lalu. Perlombaan tersebut antara lain voli, bulu tangkis, futsal, tenis meja, catur dan gaplek.

Pertandingan diikuti oleh staf dan keluarga KBRI Riyadh dan juga WNI yang tinggal di Riyadh. Untuk acara puncak HUT RI di KBRI Riyadh, setelah selesai upacara pengibaran bendera lalu dilanjutkan dengan acara ramah tamah Dubes RI dengan seluruh peserta upacara dan kegiatan lomba anak-anak serta kegiatan donor darah. Perlombaan khusus anak-anak adalah lomba balap kelereng, makan roti, corong bola, memasukkan paku ke botol, makan sosis dan tebak kata. Sementara orang dewasa, dipertandingkan balap karung dan joget jeruk.



Hal ini berbeda dengan KBRI Doha, Qatar yang memilih untuk melakukan upacara perayaan HUT RI ke-71 pada sore hari. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari suhu ekstrem di bisa mencapai 50 derajat celcius pada siang hari. Upacara baru dimulai pada pukul 17.00 waktu setempat dengan melibatkan sekitar 500 WNI yang tinggal di Doha.



Upacara yang diberi tema "Indonesia Kerja Nyata" dipimpin langsung oleh Duta Besar RI untuk Qatar Muhammad Basri Sidehabi yang bertindak sebagai inspektur upacara dan Mardi Syahputra sebagai komandan upacara. Dalam sambutannya, Basri menyampaikan apresiasi dan rasa terima kasih kepada seluruh WNI yang hadir dalam upacara HUT RI yang bersamaan dengan peringatan 40 tahun hubungan RI-Qatar. Dihimbaunya agar setiap WNI agar menjadi Duta Bangsa yang baik di Qatar yang selalu mencerminkan kepribadian bangsa dan menjaga rasa persatuan serta kesatuan.

"Pesatnya kerjasama ekonomi dan investasi kedua negara yang merupakan indikasi positif hubungan RI-Qatar. Kerjasama dengan komunitas diaspora sangat diharapkan guna membantu meningkatkan hubungan RI-Qatar menjadi lebih baik di masa mendatang" kata Basri, Rabu (17/8/2016).

Setelah upacara, acara dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng dan seluruh WNI yang hadir berbaur menjadi satu dalam hidangan yang disajikan KBRI Doha, dalam rangka ramah tamah dan silaturahim antar seluruh WNI yang berada di Qatar.

(imk/imk)