Bangga Diundang ke Jakarta, Tokoh Teladan Enggros ini Promosikan Kampungnya

Indah Mutiara Kami - detikNews
Selasa, 16 Agu 2016 18:38 WIB
Foto: Orgenes Meraudje, kepala kampung teladan asal Enggros, Papua (Foto: Indah Mutiara Kami/detikcom)
Jakarta - Enggros, memang tak setenar Raja Ampat. Namun, menurut Kepala Kampung Enggros, Orgenes Meraudje ini, kampungnya bak 'perempuan cantik'.

Orgenes Meraudje tidak bisa menyembunyikan rasa bangganya karena diundang ke Kompleks Parlemen. Perjalanannya hingga menjadi salah satu sosok teladan berawal dari sebuah kampung di teluk yang ada di Jayapura, Papua.

Orgenes merupakan satu dari ratusan sosok teladan yang diundang untuk mengikuti Sidang Tahunan MPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (16/8/2016). Saat ditemui, dia bercerita singkat soal kampungnya.

"Enggros itu teluk di dalam teluk. Panoramanya bagus sekali. Bagai perempuan yang cantik," ucap Orgenes.

Enggros menyimpan potensi wisata yang beragam. Selain indahnya laut, hutan mangrove di Enggros juga 'dijual' sebagai wisata.

"Ada juga lapangan timbul tenggelam. Saat surut, dia dipakai untuk latihan sepakbola, kalau pasang bisa mandi di situ," ujarnya.

Orgenes begitu antusias saat bicara soal kampungnya. Dia merasa, perjalanannya memimpin Kampung Enggros selama 1 tahun 8 bulan sudah terbukti karena dia bisa diundang ke Jakarta.

"Kita urus pemerintah ada manfaatnya," ungkap Orgenes.

Ratusan anggota masyarakat teladan ini dinominasikan oleh berbagai kementerian dan dibagi menjadi berbagai kategori. Saat berpidato, Ketua DPR Ade Komarudin memberikan apresiasi khusus kepada mereka. (nwk/trw)