Megawati Dapat Penghargaan Lencana Tunas Kencana dari Pramuka

Wisnu Prasetiyo Adi Putra - detikNews
Minggu, 14 Agu 2016 10:04 WIB
Megawati Soekarnoputri (Foto: Ari Saputra)
Jakarta - Presiden Republik Indonesia ke-5 Megawati Soekarnoputri mendapatkan penghargaan lencana tunas kencana dari Pramuka. Penghargaan tersebut diberikan kepada presiden atau kepala negara yang dianggap berjasa membangun Pramuka.

Di acara pembukaan Jambore Nasional X tahun 2016 hari ini, Minggu (14/8/2016) di Bumi Perkemahan Cibubur, Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Adhyaksa Dault menyampaikan penghargaan tersebut di hadapan anggota Pramuka dari Sabang sampai Merauke.

"Penghargaan tunas kencana ini hanya diberikan kepada presiden, raja-raja dan kepala negara lainnya yang kami anggap berjasa dalam membangun dan meningkatkan citra Pramuka," ujar Adhyaksa.

Adhyaksa menilai jasa Mega selama atau pun ketika tidak menjadi presiden cukup besar bagi organisasi berlambang tunas kelapa ini. Namun sayang, Mega yang dijadwalkan hadir menerima penghargaan secara langsung berhalangan hadir.

"Sayang Bu Mega tidak bisa hadir hari ini. Nanti Insya Allah saya yang akan datang ke rumah beliau untuk memberikan secara langsung ke Bu Mega," jelasnya.

Pembukaan Jambore Nasional 2016 (Foto: Ikhwanul Habibi/detikcom)


Selain penghargaan kepada Mega, Pramuka hari ini juga memberikan 37 penghargaan kepada mereka yang berjasa untuk Pramuka.

1. Lencana Mabida Peduli kepada 3 orang penerima

2. Lencana Melati kepada 15 orang penerima

3. Lencana Darma Bakti kepada 5 orang penerima

4. Lencana Satyawira Madya kepada 8 orang penerima

5. Lencana Karya Bakti kepada 1 orang penerima

6. Lencana Panca-Warsa utama kepada 1 orang penerima

7. Lencana Teladan kepada 4 orang penerima

(wsn/imk)