Laporan dari Arab Saudi

Menengok Kemegahan Gate Abdullah, Area Baru Perluasan Masjidil Haram

Rachmadin Ismail - detikNews
Minggu, 14 Agu 2016 07:54 WIB
Gate Abdullah (Foto: Rachmadin Ismail/detikcom)
Makkah - Sebagian area Gate Abdullah, kawasan perluasan baru Masjidil Haram sudah dibuka. Bangunan dan menara sudah kokoh berdiri. Di dalamnya pun terlihat megah dan mewah. Begini penampakannya.

Bersama tim Media Center Haji (MCH) Kemenag, detikcom menyambangi masjid tersebut, Sabtu (13/8/2016). Untuk masuk ke dalam masjid, bisa melalui akses sisi kiri dari pintu utama Masjidil Haram.
Gate Abdullah, kawasan perluasan Masjidil Haram (Foto: Rachmadin Ismail/detikcom)

Walau belum sepenuhnya dibuka karena masih ada beberapa area yang dalam tahap pembangunan dan finishing, sebagian besar kawasan masjid sudah bisa digunakan. Dalam beberapa kesempatan salat, bahkan sudah dipenuhi oleh jemaah dari berbagai negara.
Gate Abdullah, kawasan perluasan Masjidil Haram (Foto: Rachmadin Ismail/detikcom)

Total ada 124 pintu yang dibuka di Gate Abdullah. Begitu masuk ke dalamnya, suasana sejuk akan langsung terasa, mulai dari lantai sampai ke kepala. AC yang dingin terus berembus hingga ke sudut-sudut area masjid.
Ornamen cantik di dalam Gate Abdullah (Foto: Rachmadin Ismail/detikcom)

Setelah itu, yang terlihat adalah pilar-pilar raksasa yang ditaburi ornamen cantik bernuansa emas. Di bagian atap, terlihat sentuhan warna emas yang dikombinasikan dengan pola yang memesona.
Gate Abdullah kawasan perluasan baru Masjidil Haram (Foto: Rachmadin Ismail/detikcom)

Yang sangat mencolok adalah lampu-lampu di sepanjang lorong menuju tempat salat dan di dalam arena salat. Ukurannya sangat besar dan terlihat sangat mewah. Lampu tersebut menyala sepanjang hari menyambut para jemaah yang hendak beribadah.
Masjid Abdullah, kawasan perluasan Masjidil Haram (Foto: Rachmadin Ismail/detikcom)

Di dalam area masjid juga sudah terdapat tempat-tempat minum air zamzam. Ribuan Al Quran juga sudah berjejer rapi di sekitar arena salat.

Meski begitu, kawasan perluasan ini belum sepenuhnya selesai. Masih banyak titik yang ditutup karena dalam proses pembangunan dan perbaikan. Jalur yang menghubungkan Gate Abdullah ke arena Ma'taf juga belum sepenuhnya dibuka.
Gate Abdullah kawasan perluasan baru Masjidil Haram (Foto: Rachmadin Ismail/detikcom)

Pada tahun 2007, Masjidil Haram mengalami proyek perluasan keempat dengan estimasi akan selesai pada tahun 2020. Raja Abdullah bin Abdulaziz berencana untuk meningkatkan kapasitas masjid menjadi 2 juta jemaah. Meski raja wafat tahun 2015, penggantinya terus melanjutkan renovasi.

Jalan menuju Gate Abdullah (Foto: Rachmadin Ismail/detikcom)

Ekspansi di bagian utara masjid dimulai pada bulan Agustus 2011 dan diharapkan dapat selesai 1,5 tahun. area mashid akan diperluas dari 356 ribu meter persegi menjadi 400 ribu meter persegi. Gate baru dinamai dengan nama mendiang Raja Abdullah akan dibangun bersama dua menara masjid, sehingga total menara berjumlah 11. Dana perluasan masjid tersebut mencapai USD 10,6 juta dan setelah renovasi total, masjid nantinya dapat menampung lebih dari 2,5 juta jemaah.



(mad/rii)