Sidang Pembunuhan Mirna

Pengacara Jessica Anggap Video yang Ditampilkan Saksi Ahli Tidak Asli

Rina Atriana - detikNews
Rabu, 10 Agu 2016 16:16 WIB
Jessica dan kuasa hukumnya/ Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Kuasa hukum Jessica Kumala Wongso, Otto Hasibuan mempertanyakan keaslian dari rekaman CCTV yang diputar oleh saksi ahli Digital Forensik Bareskrim Polri AKBP M Nuh Al Azhar. Menurut Otto, rekaman tersebut tidak jelas asalnya.

Otto mengatakan, video yang asli seharusnya berada di flasdisk berwarna kuning sebagaimana yang tertuang dalam BAP. Tetapi flasdisk kuning itu masih ada di meja jaksa bukan dicolok ke laptop.

"Apakah ini yang diputar? (sambil memegang flasdisk kuning di depan meja hakim), bukan itu yang disetel kan?" ujar Otto saat sidang di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat (PN Jakpus), Jl Bungur Besar Raya, Rabu (9/8/2016).

Otto mengaku keberatan atas pemutaran rekaman CCTV tersebut. Dia meminta majelis hakim supaya saksi ahli memutar CCTV yang berada di flasdisk kuning.

"Kami keberatan atas diputarnya barang bukti yang bukan sesuai barang bukti sebenarnya. Mohon penuntut umum buka yang asli di persidangan kali ini," ucapnya.

Hakim pun menyanggupi permintaan Otto dan memutar video yang ada di flasdisk kuning. Namun pada saat saksi ahli memutarkan adegan yang membutuhkan zoom in, Otto keberatan. Karena video itu bukan berasal dari flasdisk kuning.

"Kalau ini yang diputar kami tidak mau menyikapinya karena menurut kami ini bukan barang bukti yang asli," ujarnya.

Meski begitu, sidang tetap dilanjutkan. Majelis hakim tetap bertanya-tanya soal rekaman tersebut.

(rvk/asp)