Hari Buruh
Senin 08 Aug 2016, 13:42 WIB

Pengemis Pura-pura Buntung

Cara Satpol PP Bandung Buat Jera Pengemis 'Buntung': Razia hingga Sebar Foto

Baban Gandapurnama - detikNews
Cara Satpol PP Bandung Buat Jera Pengemis Buntung: Razia hingga Sebar Foto Alexander berpura-pura buntung (Foto: Instagram @ridwankamil)
Bandung - Satpol PP Kota Bandung selama ini rutin menertibkan para pengemis, gelandangan dan anak jalanan yang bertebaran di jalanan. Tentu petugas Pol PP dan Dinas Sosial (Dinsos) Kota Bandung turut mengintai aksi pengemis modus pura-pura buntung atau cacat. Wajah pengemis 'buntung' yang tertangkap akan diumumkan via media sosial (medsos) agar publik tahu.

"Sejumlah pengemis pura-pura buntung itu kan sudah menipu masyarakat. Mereka mencari untung dengan cara mengemis sambil berakting buntung. Ulah mereka itu kan merupakan kebohongan," kata Kasatpol PP Kota Bandung Eddy Marwoto saat berbincang bersama detikcom via telepon, Senin (8/8/2016).

Menurut Eddy, pihaknya bersinergi dengan Dinsos untuk menertibkan para Penyandang Masalah Kesejahteran Sosial (PMKS) di Kota Bandung. Termasuk menertibkan orang-orang berkedok pengemis dengan modus bagian tubuh 'buntung'.

"Kami kan sering razia di jalanan. Kalau ada pengemis pura-pura buntung, tentu kami tangkap. Kalau terbukti dia buntung bohongan, ya kami tangkap. Terus bersangkutan itu kami foto pelakunya. Lalu kami share gambarnya ke Twitter. Ya sanksi sosial. Biar masyarakat juga tahu wajah pengemis pura-pura buntung itu," tutur Eddy.

Biasanya, dia melanjutkan, foto-foto hasil razia PMKS diunggah ke @Satpolppbdg. Termasuk foto pengemis 'buntung' yang tertangkap basah tengah beraksi di prapatan Jalan Buahbatu - Jalan Soekarno Hatta pada Februari 2016 lalu. Tentu informasi tersebut dikirim ke Wali Kota Bandung Ridwan Kamil.

Eddy megaskan, bagaimanapun cara-cara pengemis atau anak jalanan meminta uang atau berharap iba dari pengendara serta warga di jalan merupakan perbuatan yang tidak dibenarkan di Kota Bandung. Eddy merujuk aturan Perda K3 (Ketertiban, Kebersihan dan Keindahan) Kota Bandung.

Artinya, sambung Eddy, golongan PMKS yang mangkal di jalan mengganggu K3. "Eggak ada toleransi bagi PMKS yang mengais rezeki di Kota Bandung. Maka itu, kami dan Dinsos terus meningkatkan pengawasan di lapangan. Ya kami melakukan razia," tutur Eddy.
(bbn/try)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed