Begini Upaya Kapolda Metro Antisipasi Percaloan di Satpas SIM Daan Mogot

Mei Amelia R - detikNews
Jumat, 05 Agu 2016 18:00 WIB
Kapolda Metro Jaya Irjen Moechgiyarto (Foto: Lamhot Aritonang/detikFoto)
Jakarta - Masih adanya praktek percaloan dalam pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) di Satpas SIM Daan Mogot, Jakarta Barat, dikeluhkan oleh masyarakat. Untuk mengantisipasi hal itu, Polda Metro Jaya menyiagakan Propam di lokasi.

"Itu program kita akan upayakan secara maksimal, diharapkan itu. Maka Propam juga kita taruh di situ, kita perbaiki sistem," ujar Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Moechgiyarto kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (5/8/2016).

Kapolda mengatakan, pihaknya juga melakukan analisa dan evaluasi setiap minggu untuk memberikan arahan dan pembinaan.

"Nah itulah antara pimpinan dengan anggota saling dialog menyampaikan apa keluh kesahnya, apa permasalahannya supaya mereka paham bahwa jati diri seorang Polri itu kalau melakukan pelanggaran yang menyimpang ada tiga instrumen. Itu senantiasa saya jelaskan kepada jajaran," paparnya.

Di samping itu, pihak kepolisian juga memperbaiki sistem dalam pembuatan SIM pemohon baru dengan membuat sistem satu pintu. "Yang tadinya banyak loket, sekarang jadi satu pintu," imbuh Moechgiyarto.

Bicara soal calo, juga dimungkinkan dilakukan oleh warga sipil. Namun, praktek ini sebenarnya sah-sah saja apabila memiliki badan hukum.

"Kalau calonya umum (masyarakat) dan dia punya badan hukum yang bisa mengurus dan memperpanjang SSB dan sebagainya bisa saja kalo dia punya link ke orang yang punya wewenang memperpanjang jasa atau apa ya bisa saja," lanjutnya. (mei/hri)