Gebrakan Risma Menata Surabaya

Risma Bikin Trotoar di Surabaya Ramah Bagi Penyandang Disabilitas

Zaenal Effendi - detikNews
Jumat, 05 Agu 2016 17:57 WIB
Foto: Budi Sugiharto
Surabaya - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya mulai membenahi trotoar atau trotoar agar ramah bagi penyandang disabilitas. Jalur khusus di trotoar yang berada di lokasi zebra cross pun dibangun.

Pantauan detikcom, proyek pembangunan jalur fasilitas khusus disabilitas ini terlihat di Bundaran Pemuda. Sudut barat di Jalan Gubernur Suryo dan Jalan Yos Sudarso sudah dibongkar.

Nantinya penyandang disabilitas yang menggunakan kursi roda bisa turun atau naik dari trotoar dengan mulus. Selama ini, penyandang disabilitas yang menggunakan kursi roda harus dibantu turun ataupun naik trotoar jika menyeberang melalui zebra cross.
Jalur khusus penyandang disabilitas, Foto: Budi Sugiharto

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Bina Marga dan Pematusan Kota Surabaya Erna Purnawati mengakui bahwa fasilitas khusus disabilitas ini mulai dikerjakan.

"Semua zebra cross atau penyeberangan jalan sudah dibangun fasilitas disabilitas agar memudahkan turun atau naik trotoar. Bu Wali minta semua fasilitas fisik untuk difabel dipenuhi," kata Erna saat dikonfirmasi detikcom, Kamis (4/8/2016).

Selama ini, kata Erna, trotoar yang ada di Kota Surabaya juga dilengekapi fasilitas untuk panduan penyandang tuna netra. "Ada jalur khusus berupa perbedaan profil keramiknya," imbuh Erna. (ze/van)