Nurhadi Lengser, MA Segera Lelang Kursi Sekretaris MA

ADVERTISEMENT

Nurhadi Lengser, MA Segera Lelang Kursi Sekretaris MA

Kartika Tarigan - detikNews
Senin, 01 Agu 2016 11:44 WIB
Nurhadi (ari/detikcom)
Jakarta - Sekretaris Mahkamah Agung (MA) Nurhadi lengser dari jabatannya mulai hari ini. Sepeninggal dirinya, ruang kerja Sekretaris MA dikunci rapat hari ini. Nurhadi sudah tidak ngantor sejak Jumat (29/7).

"(Ruangannya) sudah kosong, sudah dikunci. Beliau sudah enggak masuk lagi sejak Jumat saya rasa saat itu juga ruangannya sudah dikosongkan," kata Kepala Biro Hukum dan Humas MA Ridwan Mansyur di Gedung MA, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Senin (1/8/2016).

Ridwan menjelaskan lengsernya Nurhadi akan segera ditindaklanjuti melalui lelang jabatan. Setelah SK pemberhentian Nurhadi turun, kata Ridwan, MA akan segera mengumumkan kepada publik terkait perekrutan itu.

MA sampai hari ini masih belum menerima SK pemberhentian Nurhadi yang sudah disetujui Presiden.

"Kalau sudah menerima SK langkah selanjutnya mengisi kekosongan itu. Sementara belum lelang jabatan, nanti ditunjuk seorang Plt untuk menduduki jabatan Sekretaris MA," papar Ridwan.

Nurhadi merupakan PNS di MA sejak awak 1980-an. Ia menjabat sebagai Sekretaris MA sejak Desember 2011. Selama menjabat, banyak sorotan ke publik kepada sosok Nurhadi. Dari misteri meja seharga Rp 1 miliar, belum melaporkan LHKPN, menggelar pernikahan anaknya super mewah dan kekayaan lebih dari Rp 33 miliar. Sebagai PNS karier, kekayaannya cukup mengejutkan.

Enam bulan terakhir, Nurhadi terus disorot sejak KPK menangkap para pejabat pengadilan. Sebab dari penangkapan itu, KPK juga memeriksa Nurhadi dan menggeledah rumah pribadi dan ruang kerjanya. Tim KPK menemukan miliaran rupiah uang di toilet rumah pribadinya. Dengan berbagai kejanggalan itu, akhirnya KPK membuka penyelidikan sendiri kepada Nurhadi sejak akhir Juli 2016. (asp/asp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT