Permenhub Taksi Online Efektif per 1 Oktober, Kenapa Sudah Ada Penindakan?

Nograhany Widhi K - detikNews
Minggu, 31 Jul 2016 15:31 WIB
Dokumentasi (Foto: Lamhot Aritonang)
Jakarta - Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta sudah melakukan penindakan pada 11 taksi online karena tak memenuhi syarat, termasuk uji KIR. Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) 32 Tahun 2016 yang mengatur mengenai taksi online efektif per 1 Oktober 2016.

"Sesuai PM tersebut akan efektif per 1 Oktober 2016," demikian kata Kabiro Informasi dan Komunikasi Publik Kemenhub Hemi Pamuraharjo.

Baca juga: Menhub Jonan: Taksi Online Kami Beri Toleransi 6 Bulan

Hemi merespons pertanyaan detikcom tentang Dishub DKI yang melakukan penindakan pada 11 mobil taksi online, padahal masa sosialisasi PM 32 Tahun 2016 hingga akhir September, dan efektif PM berlaku per 1 Oktober 2016.

Baca juga:
11 Mobil Taksi Online Dikandangkan, Dishub DKI Paparkan Pelanggarannya

Ditanya mengenai penindakan Dishub DKI sebelum masa sosialisasi PM 32/2016 berakhir, apakah berarti masa penindakan diserahkan kepada Dishub daerah?

Hemi kembali menjelaskan, pada prinsipnya semua angkutan orang tidak dalam trayek berbasis online (taksi online), sudah boleh operasi sejak bulan Mei 2016. Namun ini hanya bisa dilakukan bagi mereka yang sudah memenuhi persyaratan administrasi dan operasional.

"Atau dengan kata lain mobil-mobil yang digunakan sudah memenuhi persyaratan yang ditetapkan. Tanggal 1 Oktober 2016 adalah batas akhir pemenuhan persyaratan administrasi dan operasional bagi yang belum memenuhi," demikian jelas dia. (nwk/mad)