ADVERTISEMENT

Otak Atik Gathuk Reshuffle Kabinet di Hari Rabu

Bagus Prihantoro Nugroho - detikNews
Senin, 25 Jul 2016 12:26 WIB
Foto: Setpres Cahyo
Jakarta - Hampir setahun sejak reshuffle kabinet jilid pertama, isu rombak kabinet masih terus bergulir. Presiden Jokowi merombak komposisi kabinetnya untuk kali pertama pada Rabu, 12 Agustus 2015.

Isu reshuffle makin kuat lagi setelah semua menteri Kabinet Kerja diminta tak tinggalkan Jakarta pekan ini. Akan ada Sidang Kabinet Paripurna yang dijadwalkan pekan ini namun belum pasti kapan tepatnya.

Spekulasi soal rombak kabinet pun dikaitkan dengan evaluasi menteri oleh Presiden Jokowi pekan lalu. Jika benar berhubungan, bisa jadi salah satu hari di pekan ini jadi momentum untuk reshuffle.

Sore ini, Senin (25/7/2016) Presiden Jokowi akan bertolak ke Yogyakarta. Jokowi baru kembali ke Ibukota besok (26/7) siang. Sehingga hari yang tersisa untuk pengumuman pergantian menteri, kalau jadi, adalah Rabu (27/7) hingga Jumat (29/7).

Kebetulan Rabu pekan ini dalam kalender Jawa adalah Rabu Pon, sama dengan reshuffle kabinet jilid I. Kebetulan pula pada pelantikan Jokowi menjadi Presiden RI pada 20 Oktober 2014 juga Rabu Pon, dan dia juga lahir di hari itu pada 21 Juni 1961.

Dikutip dari berbagai sumber, Neptu (nilai) dari Rabu pada penanggalan Jawa adalah 7 dan Pon juga 7. Kebetulan pula Jokowi adalah Presiden ke-7 RI.

Tentu ini hanya otak atik gathuk saja kalau dalam istilah Jawa, keputusan reshuffle sepenuhnya adalah hak prerogatif presiden. Mungkinkah? (bag/dra)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT