detikNews
Minggu 24 Juli 2016, 16:07 WIB

80 Tahun BJ Habibie

Cara Lain Habibie Ungkapkan Cinta pada Ainun Lewat Motor Harley

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Cara Lain Habibie Ungkapkan Cinta pada Ainun Lewat Motor Harley Habibie di pameran foto (Foto: Muhammad Fida Ul Haq/detikcom)
Jakarta - Sudah bukan rahasia lagi Ainun adalah cinta sejati Bacharuddin Jusuf Habibie. Banyak cara digunakan Habibie untuk mengungkapkan rasa cintanya kepada sang istri.

Habibie dekat dengan sejumlah wanita saat menuntut ilmu. Namun Habibie menambatkan hatinya kepada Ainun. Ainun pula yang menemani perjalanan Habibie sejak menempuh pendidikan di Jerman hingga menjadi Presiden ke-3 Republik Indonesia. Di tengah kesibukannya, ahli pesawat terbang ini tak lupa mengungkapkan rasa cinta pada sang belahan jiwa.

Harley koleksi Habibie


Salah satu ungkapan cinta itu disampaikan Habibie melalui pelat nomor di motor besar koleksinya. Pelat nomor polisi di B 2506 AH yang terpasang di motor pabrikan Badway misalnya mempunyai arti tersendiri.

"Angka pada nomor B 2506 AH pada Badboy merupakan hari kelahiran Habibie dan huruf AH merupakan singkatan Ainun Habibie," begitu keterangan tertulis yang menjelaskan tentang motor tersebut seperti dikutip detikcom, Minggu (24/7/2016).

Koleksi Motor Besar milik BJ Habibie (Foto: Muhammad Fida Ul Haq/detikcom)


Sepeda motor pabrikan Badway itu dibeli Habibie pada 1996 di Seattle, Amerika Serikat. Dua tahun sebelumnya yakni 1994 pria kelahiran Pare-pare 25 Juni 1936 itu membeli sepeda motor pabrikan Softail Springer.

Dua motor besar koleksinya itu hari ini dipajang dalam Pameran Foto: 80 Tahun Habibie yang digelar di Museum Bank Mandiri, Jl Stasiun, Jakarta Barat. Habibie yang datang mengenakan pakaian casual Sunday afternoon dalam pidato sambutannya kembali mengenang sosok Ainun.

Habibie dan Ainun


"Saya informasikan kepada keluarga, Habibie-Ainun tentang dua insan. Saya setiap hari berenang setengah jam, setelah itu saya berdoa, ya Allah terimakasih telah melahirkan Ainun untuk saya dan saya untuk Ainun. Maut pun tidak memisahkan cinta saya pada Ainun. Allahu Akbar," kata Habibie saat memberikan sambutan.

Habibie dan Ainun


"Ainun punya kata-kata terakhir, "Pah jangan sedih, sudah ditentukan demikian sama Allah. Kalau kamu sedih, kamu lihat foto yang banyak. Panjatkan doa untuk saya ya kepada Allah"," cerita Habibie mengenang almarhumah istrinya.
Ainun dan dua anaknya

Pameran foto ini menampilkan 80 foto Habibie saat muda hingga proses syuting Rudy Habibie. Sejumlah undangan menghadiri pembukaan pameran ini, termasuk politisi Golkar Akbar Tandjung.



(erd/nrl)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com