detikNews
Minggu 24 Juli 2016, 15:05 WIB

80 Tahun BJ Habibie

Habibie Ternyata Gemar Koleksi Motor Besar, Begini Ceritanya

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Habibie Ternyata Gemar Koleksi Motor Besar, Begini Ceritanya Koleksi motor besar milik BJ Habibie (Foto: Muhammad Fida/detikcom)
Jakarta - Bacharuddin Jusuf Habibie (80) ternyata tak hanya menggemari dunia pesawat terbang. Presiden ke-3 Indonesia itu juga sempat menggandrungi motor besar.

Motor merupakan salah satu kegemaran Habibie yang jarang diketahui oleh publik. Pria kelahiran Pare-pare, Sulawesi Selatan, 25 Juni 1936 itu memiliki sejumlah koleksi motor besar.

BJ Habibie dengan busana casual sunday afternoon tiba di lokasi Pameran di Museum Bank Mandiri, Jakarta, Minggu (24/7/2016).


Dua koleksi motor besar milik Habibie itu hari ini ikut dipajang di acara Pameran Foto: 80 Tahun Habibie yang digelar di Museum Bank Mandiri, Jl Stasiun, Jakarta Barat.

"Kedua motor dengan merek Harley Davidson ini merupakan salah satu dari beberapa koleksi Habibie," begitu keterangan tertulis yang menjelaskan tentang motor tersebut seperti dikutip detikcom, Minggu (24/7/2016).

Masih menurut keterangan tersebut, kedua motor besar koleksi Habibie itu mempunyai nama pabrikan Softail Springer yang dibeli pada 1994 dan Badboy yang dibeli pada tahun 1996.

"Keduanya dibeli di Seattle, Amerika Serikat," demikian tertulis dalam keterangan.



Ketertarikan Habibie pada motor besar bermula dari saran dokter setelah dia usai menjalani operasi jantung. "Dokter menyarankan untuk mengendarai motor besar agar bekas jahitan di dada Habibie kembali normal," demikian tertulis dalam keterangan.

Harley koleksi Habibie


Saat ini Habibie sudah tiba di lokasi dan melihat-lihat koleksi foto yang dipamerkan. Ada 80 foto yang dipamerkan, mulai saat Habibie muda hingga saat syuting film Rudy Habibie. Sejumlah undangan menghadiri pembukaan pameran ini, termasuk politisi Akbar Tandjung.

Habibie disambut anak-anak (M Fida-detikcom)

(erd/nrl)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com