Hasil Tes DNA Jenazah Santoso dan Muchtar Akan Keluar dalam Tiga Hari

Idham Kholid - detikNews
Rabu, 20 Jul 2016 18:52 WIB
Kadiv Humas Polri Irjen Boy Rafli Amar (Foto: Rengga Sancaya/detikcom)
Jakarta - Tim identifikasi telah mengambil sampel DNA (Deoxyribonucleic acid) jenazah Santoso alias Abu Wardah dan jasad yang diduga Muchtar. Hasil uji laboratorium DNA itu akan diperoleh dalam tiga hari.

"Proses DNA perlu sekitar minimal tiga hari, jadi tiga hari ke depan memastikan hasil dari pada uji laboratorium DNA ini," kata Kadiv Humas Polri Irjen Boy Rafli Amar di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (20/7/2016).

Proses identifikasi dua jenazah itu dilakukan oleh gabungan Tim Polda Sulawesi Tengah (Sulteng) dan Tim DVI Mabes Polri di RS Bhayangkara Palu, Sulteng. Dari lima tahap proses identifikasi, hanya tahap uji DNA yang belum dilakukan.

Jenazah Santoso diambil dari sampel DNA anak perempuan dari istri pertama Santoso. Untuk jenazah Muchtar juga dari sampel DNA putrinya. Selain itu, istri Santoso dan Muchtar juga ikut mengantarkan anaknya bertemu petugas.

Keduanya tewas dalam baku tembak itu terjadi di wilayah Tambarana, Poso Pesisir Utara, Senin (18/7/2016). Ada tiga orang yang berhasil kabur dalam baku tembak itu.

Santoso dan diduga Muchtar terkena tembakan Tim Satgas Operasi Tinombala dalam kontak senjata itu. Ada dua tembakan yang mengenai tubuh Santoso.

"Di bagian perut dan bagian punggung," ujar Boy.

Sementara itu, lanjut Boy, jenazah satu lagi yang diduga bernama Muchtar tertembak di bagian kepala. (idh/dhn)