Hakim Pengadilan Tipikor Bandung Diperiksa KPK Terkait Suap Bupati Ojang

Dhani Irawan - detikNews
Selasa, 19 Jul 2016 11:10 WIB
Gedung baru KPK (rachman/detikcom)
Jakarta - Sri Mumpuni, anggota majelis hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Bandung yang mengadili perkara korupsi penyelewengan anggaran BPJS Kabupaten Subang, dipanggil penyidik KPK. Dia hendak diperiksa sebagai saksi terkait kasus suap yang melibatkan Bupati Subang Ojang Sohandi.

"Diperiksa sebagai saksi untuk tersangka OJS," ucap Kabag Pemberitaan dan Publikasi KPK Priharsa Nugraha ketika dikonfirmasi, Selasa (19/7/2016).

Perkara korupsi penyelewengan anggaran BPJS Kabupaten Subang tersebut diadili di PN Tipikor Bandung dengan ketua majelis hakim Marudut Bakara dan dibantu 2 hakim anggota yaitu Sri Mumpuni dan Jojo Johari. Suap diberikan Bupati Ojang kepada jaksa yang menangani perkara itu agar nama Ojang tidak terseret dalam perkara tersebut.

Dalam perkara suap, KPK menetapkan 5 orang tersangka yaitu Ojang Sohandi, 2 orang jaksa yaitu Devyanti Rochaeni dan Fahri Nurmallo, serta Jajang Abdul Holik yang berstatus terdakwa di Kejati Jabar dan istrinya, Lenih Marliani.

Dalam kasus ini, Bupati Subang Ojang Sohandi disangka menyuap dua jaksa Kejati Jabar Devyanti Rochaeni dan Fahri Nurmallo soal perkara BPJS Kabupaten Subang tahun 2014. KPK pun mengamankan uang berjumlah Rp 528 juta dari ruang kerja Devyanti. (dha/asp)