Hari Terakhir Liburan, Orang Tua Sibuk Berburu Perlengkapan Sekolah

Mukhlis Dinillah - detikNews
Minggu, 17 Jul 2016 18:45 WIB
Ilustrasi/ Foto: Grandyos Zafna
Bandung, - Besok siswa-siswi SD, SMP dan SMA sudah mulai memasuki tahun ajaran baru. Para orang tua masih sibuk mencari perlengkapan sekolah untuk putra putrinya.

Berdasarkan pantauan detikcom di Pasar Kosambi Bandung, Minggu (17/7/2016) sejumlah toko seragam disesaki pembeli. Mereka berbondong-bondong datang untuk berburu perlengkapan sekolah.

Salah seorang pemilik toko perlengkapan sekolah, Sodik (37) mengatakan kesibukan aktivitas berburu perlengkapan sekolah ini sudah berlangsung sejak pekan lalu. Namun, puncak keramaian terjadi pada tiga hari terakhir.

"Jadi Jumat, Sabtu dan Minggu itu puncaknya lah. Sebelumnya kan masih pada liburan," kata Sodik kepada detikcom, Minggu (17/7/2016).

Menurutnya sebagian besar pembeli yang datang mencari perlengkapan murid SD, mulai dari seragam hingga sepatu. Pasalnya, untuk siswa-siswi SMP dan SMA masih bisa dibeli saat masuk sekolah

"Kalau SMP dan SMA kan masih ada MOS (masa orientasi sekolah), jadi ada waktu buat beli nanti," jelas pria yang sudah berjualan sejak 13 tahun lalu ini.

Tahun ini, ujar Sodik, penjualan perlengkapan sekolah jelang tahun ajaran baru dibanding hari biasa mengalami peningkatan sebesar 75 persen. Bahkan, dibanding tahun sebelumnya mencapai 15 persen.

"Hampir seluruh orang Jabar tahu pusat penjualan perlengkapan sekolah di sini (Pasar Kosambi). Jadi setiap tahunnya meningkat," ujar dia.

Seorang pembeli, Yanyan (38) mengaku baru sempat membeli perlengkapan sekolah untuk anaknya. Pasalnya, sambung dia, ia bersama keluarga baru pulang dari berlibur di kampung halaman.

Yanyan bersama istrinya membeli seragam perlengkapan SD dan SMP untuk kedua buah hatinya. Mulai dari seragam dan perlengkapan lainnya.

"Baru hari Jumat pulang dari Palembang, jadi baru sempet beli sekarang. Sengaja pengen beli di Bandung aja, soalnya lebih murah," kata warga Buah Batu, Kota Bandung ini. (ega/ega)