Badrodin Ungkap Kunci Sukses Pimpin Polri Saat Kepercayaan Publik Menurun

Idham Kholid - detikNews
Kamis, 14 Jul 2016 09:55 WIB
Foto: Muhammad Iqbal
Jakarta - Jenderal Badrodin Haiti resmi menyerahkan tongkat komando kapolri ke Jenderal Tito Karnavian. Badrodin bercerita bagaimana saat memimpin dalam kondisi tegang antara KPK dan Polri.

"Selamat kepada Jenderal Tito atas kepercayaan dan amanah yang diberikan kepada Jenderal memimpin institusi Polri yang kita cintai," kata Badrodin dalam sambutannya pada upacara serah terima jabatan posisi Kapolri di Stadion PTIK, Jakarta Selatan, Kamis (14/7/2016).

"Tentu masih segar di ingatan kita jelang suksesi kepemimpinan Polri tahun lalu, sebelum dan sesudah penunjukan saya sebagai Plt Kapolri tanggal 16/1/2015, kemudian dilanjutkan pelantikan 16 april 2015," lanjutnya.

Dalam kajian strategi, menurut Badrodin, Polri saat itu dalam kondisi yang sulit dan tak menguntungkan dengan masalah yang kompleks. Secara umum publik juga mengikuti permasalahan itu.

"Masyarakat juga ragu dan berkurangnya tingkat kepercayaannya kepada Polri," kenang Badrodin.

Namun lanjutnya, berkat soliditas dan kerjasama seluruh anggota Polri serta dukungan semua pihak, Polri dapat keluar dari permasalahan itu.

"Kuncinya ada dua hal. Pertama, bagaimana kita menempatkan dan berkomitmen kepentingan organisasi, kepentingan institusi Polri menjadi yang utama dibanding kepentingan individu dan kelompok," ujarnya.

Yang kedua, Polri menurut Badrodin harus fokus. Pelaksanaan tugas Polri tidak boleh terganggu hanya dengan permasalahan yang sebetulnya bisa dihindari.

"Saat ini pun kita patut syukur, rangkaian suksesi Polri berjalan dengan baik dan suasana yang sejuk," ujarnya.

"Saya harap pergantian Kapolri seperti ini bisa dilanjutkan untuk pergantian mendatang, karena pada dasarnya kondisi yang kondusif ini menjadi harapan kita bersama. Kondisi ini menjadi persyaratan pokok dalam menjalankan tugas yang diharapkan masyarakat, termasuk tantangan tugas ke depan yang semakin berat dan kompleks," tutur Badrodin. (idh/fdn)