Menang di Italia, Paduan Suara Anak Indonesia Berlatih Keras 6 Bulan

Nograhany Widhi K - detikNews
Senin, 11 Jul 2016 14:40 WIB
Foto: The Resonanz Children's Choir (TRCC) jadi juara pertama kategori Children's and Youth Choir, Claudio Monteverdi Choral Competition 2016 di Venesia, Italia. (
Jakarta - Selalu saja ada perjuangan di balik kesuksesan. The Resonanz Children's Choir (TRCC) harus berlatih keras selama 6 bulan sebelum menyabet juara pertama paduan suara dunia di Venesia, Italia.

Proses lamanya latihan hingga menghasilkan penampilan yang prima dalam Claudio Monteverdi Choral Competition 2016 di Venesia, Italia itu diungkapkan konduktor terkemuka Indonesia, Avip Priatna. Avip adalah pimpinan sekolah musik Yayasan The Resonanz Music Studio yang menaungi TRCC.

"(Latihan) Sekitar 6 bulan," tutur Avip kala diwawancara detikcom melalui keterangan tertulis, Senin (11/7/2016).

Avip yang saat ini sedang berada di Hungaria ini mengungkapkan bahwa anggota TRCC terdiri dari anak-anak berusia 9-17 tahun. Dalam kompetisi di Venesia ini, TRCC membawakan total 6 lagu.

Konduktor Avip Priatna (kanan) (Twitter @theresonanz)


TRCC berkompetisi dalam kategori Children's and Youth Choir. Pada babak awal, TRCC membawakan empat lagu yaitu Der Wassermann karya Robert Schumann, Salve Regina karya Javier Busto, serta dua lagu aransemen karya Fero Aldiansyah yaitu 137 Hip Street dan Bungong Jeumpa dengan kostum nuansa Aceh.

Penampilan babak awal mereka disambut hadirin yang bertepuk tangan riuh sambil berdiri (standing ovation). Juri lantas meloloskan TRC ke babak grand final melawan keempat finalis dari kategori lainnya yaitu kategori Adult's Choir dan kategori Sacred Music.

Pada tanggal 9 Juli, di babak grand final, paduan suara anak TRCC membawakan dua lagu yaitu Táncnóta karya komposer Hungaria Zoltán Kodály dan Yamko Rambe Yamko yang diaransemen Agustinus Bambang Jusana.

"Aransemen dan koreo-nya bisa dijadikan andalan dalam kompetisi," jawab Avip kala ditanya alasan memilih lagu Yamko Rambe Yamko.

Video TRCC berkompetisi diunggah pertama kali di akun facebook Metta Dharmasaputra, Co-Founder & Executive Director Kata Data. Dalam video yang beredar di Youtube, anak-anak Indonesia itu, dengan kostum hijau dan bawahan bernuansa etnik Papua, tidak hanya berkonsentrasi menyanyi dengan berbagai pecahan suara, melainkan juga menari dengan rancak. Tanpa iringan musik, hanya mengandalkan suara mereka plus alat musik tifa, perkusi khas Papua. Hebatnya, suara mereka tetap stabil dan padu meski mereka menyanyi dengan menari dengan gerakan melompat-lompat kecil, bertepuk tangan dan sebagainya.

Kala ditanya mengenai latihan pernafasan sehingga anak-anak TRCC menyanyi dengan stabil sambil menari, apakah ada olahraga khusus, seperti lari atau berenang, Avip menjawab, "Jalan kaki saja di sekitar Kebayoran Baru".

Tarian rancak yang ditarikan adalah hasil koreografi Sonja Simanjuntak. Selain itu, yang terlibat dalam melatih dan mengarahkan TRCC adalah Devi Fransisca sebagai konduktor dan pelatih, Luciana Oendoen dan Fiona Luisa sebagai pelatih, serta Avip Priatna sendiri sebagai penasihat.



"Kemenangan TRCC merupakan kemenenangan yang kelima kalinya pada kompetisi paduan suara international. Sebelumnya mereka pernah memenangkan kompetisi sebagai juara 1 di Bali, Hong Kong, Hungaria dan Amerika Serikat. Dan kompetisi di Venesia ini merupakan yang ketiga kalinya mereka menjadi juara umum," lanjut Avip.

Keikutsertaan TRCC ini merupakan salah satu bagian dari kegiatan tur konser dan kompetisi bertajuk Musical Journey 2016. Kegiatan diawali dengan konser di Balai Resital Kertanegara, Jakarta, pada tanggal 2 dan 3 April 2016 lalu dilanjutkan dengan tur di kota Hannover dan Berlin, kemudian ditutup dengan keikutsertaan pada kompetisi di kota Venesia.

Di kota Hannover, TRCC menggelar konser di Rihard Jacoby Saal, Hochschule für Musik, Theater und Medien (HMTM) pada tanggal 29 Juni 2016. Konser bertajuk "Visions of the World" tersebut merupakan konser ujian akhir gelar Master of Music (gelar S2 musik) dari konduktor Devi Fransisca untuk bidang/jurusan Conducting Children's and Youth Choirs.

Di kota Berlin, TRCC berkonser atas undangan konser bersama dari Mädchenchor der Sing-Akademie zu Berlin. Konser diselenggarakan di gereja Trinitatis Kirche pada tanggal 2 Juli 2016 lalu.

Paduan suara anak TRCC bernaung di bawah Yayasan The Resonanz Music Studio yang bermarkas di Jalan Kertanegara No 28 Jakarta Selatan. Selain TRCC, sekolah musik pimpinan konduktor Avip Priatna ini, juga menaungi kelompok paduan suara Batavia Madrigal Singers dan kelompok orkestra Jakarta Concert Orchestra.

(nwk/nrl)