DetikNews
Senin 11 Juli 2016, 14:12 WIB

Ada PNS di DPRD DKI Izin Sakit Usai Lebaran, Djarot: Aku Nggak Percoyo!

Danu Damarjati - detikNews
Ada PNS di DPRD DKI Izin Sakit Usai Lebaran, Djarot: Aku Nggak Percoyo! Foto: Danu Damarjati/detikcom
Jakarta - Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Sekretariat DPRD DKI Jakarta. Ia menemukan ada dua pegawai yang izin sakit selama dua hari di hari pertama masuk kerja setelah libur lebaran ini.

Djarot yang ditemani Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Agus Suradika dan Sekretaris Dewan DPRD DKI Muhammad Yuliadi awalnya masuk ke kantor Biro Umum Sekretariat DPRD DKI, Jl Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Senin (11/6/2016).

Ada 153 PNS di Sekretariat Dewan DKI, namun ada dua orang izin sakit di Biro Umum ini. Salah satu di antaranya izin sakit untuk tanggal 11 dan 12 Juli. Djarot curiga izin sakit itu disengaja untuk memperpanjang libur mudik.
"Itu sakit apa mbolos?" kata Djarot kepada PNS yang berwenang di situ. (Foto: Danu/detikcom)


"Sakit opo iki? Aku nggak percoyo iki. Itu sakit apa mbolos? (Sakit apa ini? Aku tak percaya ini. Itu sakit apa bolos?)," kata Djarot kepada PNS yang berwenang di situ.

Terlebih lagi, seorang PNS yang izin sakit itu berada di Semarang, Jawa Tengah. Djarot menduga PNS itu sengaja mengatur jadwal 'sakit' agar bisa lebih lama di kampung halamannya. "Ini masa sakit diatur? Ini sakit terencana," tilik Djarot yang mantan Wali Kota Blitar Jawa Timur ini.

Dia kemudian melangkah ke Bagian Keuangan dan ditemui oleh Kepala Bagian Keuangan Dame Aritonang. Dari 15 orang pegawai, ada satu orang yang izin sakit. Dame menjelaskan orang itu sudah sakit-sakitan jelang pensiun.

Beralih ke ruangan Bagian Humas DPRD DKI, ada pula yang izin sakit. Disebutkan Kepala Bagian Humas DPRD, Wawan, orang itu masih tergolong muda namun menderita tumor.

Suasana ruang kerja di lokasi-lokasi ini, terlihat sejumlah PNS sedang bekerja. Dia kemudian melangkah keluar gedung, kali ini dia masuk Gedung Pemprov DKI di Jalan Medan Merdeka Selatan untuk ke Badan Kepegawaian Daerah. Terlihat banyak kursi kosong karena PNS sedang istirahat tengah hari. Djarot memaklumi, karena memang saat itu adalah saat istirahat.
(dnu/aan)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed