Kala Yamko Rambe Yamko Nyanyian Anak Indonesia Bikin Merinding di Italia

Nograhany Widhi K - detikNews
Senin, 11 Jul 2016 12:47 WIB
Foto: The Resonanz Children's Choir (TRCC) jadi juara pertama kategori Children's and Youth Choir, Claudio Monteverdi Choral Competition 2016 di Venesia, Italia. (
Jakarta - Lagu daerah asal Papua, Yamko Rambe Yamko, dinyanyikan dengan sangat indah dan rancak oleh paduan suara anak Indonesia, The Resonanz Children's Choir (TRCC). Tak heran, jawara pertama mereka raih di kategori Children's and Youth Choir, Claudio Monteverdi Choral Competition 2016 di Venesia, Italia.

Kemenangan ini disambut gegap gempita di dunia sosial media. Berbagai pujian pun mengalir. Para warga media sosial pun mengungkapkan kebanggaannya, "Selamat kepada Paduan suara anak The Resonanz Children's Choir (TRCC) yang juara umum paduan suara internasional di Italia. Xiangyi" demikian dicuitkan pemilik akun @xiangyifengshui.

Akun twitter milik Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), @KEMENPORA_RI , mencuitkan proses TRCC mengikuti kompetisi paduan suara tingkat dunia hingga menjadi jawara itu.

Awalnya, TRCC yang beranggotakan 42 anak ini mengenakan kostum bernuansa Aceh memukau juri dan hadirin yang memadati ruangan Auditorium Santa Margherita. Para juri kemudian meloloskan TRCC ke babak final melawan keempat finalis kategori lainnya yaitu kategori Adult's Choir dan kategori Sacred Music.

Di babak final, paduan suara anak TRCC tampil berbalut kostum bernuansa Papua, membawakan dua lagu, yakni satu lagu karya komposer Hongaria Zoltan Kodaly dan Yamko Rambe Yamko karya aransemen dari Agustinus Bambang Jusana.

"TRCC berhasil memperoleh juara pertama kategori Children's and Youth Choir dengan nilai 94,2 dan memperoleh Gold Diploma Level II. Awesome!" demikian cuit akun Kemenpora.




Sedangkan video yang menampilkan TRCC berkompetisi, pertama kali diposting di facebook milik, Metta Dharmasaputra, Co-Founder & Executive Director Kata Data. Metta yang diketahui pertama kali mengunggah 2 video TRCC pada Minggu, 10 Juli 2016 kemarin dengan status, "Meneruskan kabar dari Rawanda Wandy Tuturoong, The Rezonans children choir (paduan suara anak Indonesia) menjadi juara 1 kategori paduan suara anak2 dan juara Grand Prix no 1 mengalahkan seluruh paduan suara dan seluruh kategori, di Venice, Italy, kemarin. INDONESIA!!!....teriak mereka. Mengharukan".

Video itu lantas menyebar dan menjadi viral di media sosial, termasuk di Youtube. Dalam video yang beredar di Youtube, anak-anak Indonesia itu, dengan kostum hijau dan bawahan bernuansa etnik Papua, tidak hanya berkonsentrasi menyanyi dengan berbagai pecahan suara, melainkan juga menari dengan rancak. Tanpa iringan musik, hanya mengandalkan suara mereka plus alat musim tifa, perkusi khas Papua. Hebatnya, suara mereka tetap stabil dan padu meski mereka menyanyi dengan menari dengan gerakan melompat-lompat kecil, bertepuk tangan dan sebagainya.



Dikutip dari situs Claudio Monteverdi Choral Competition 2016, venicechoralcompetition.it, kompetisi paduan suara itu digelar 7-10 Juli. TRCC saat berlomba dikonduktori oleh Devi Fransisca. TRCC ini beranggotakan anak-anak dari The Resonanz Music Studio, sekolah musik yang didirikan oleh musisi Avip Priatna. TRCC yang berdiri sejak 2007 lalu itu sudah bolak-balik menyabet gelar juara paduan suara tingkat dunia.

Pada 2012 menjadi juara paduan suara anak di Bali International Choir Competition, diikuti oleh 6 gelar juara, termasuk juara pertama di Hong Kong International Youth and Children's Choir Competition dalam kategori anak dan folklore serta gelar "Choir of The World". Tahun 2014, TRCC memenangkan 6 gelar juara, termasuk interpretasi terbaik untuk komposisi Zoltan Kodaly dan Grand Prix Award pada 10th Cantemus International Choir Festival di Nyíregyháza, Hongaria.

Tahun 2015, TRCC berkompetisi di Golden Gate International Choir Festival, di San Francisco AS dan menggondol beberapa gelar juara termasuk juara bertama dalam kategori Children's Historical category dan Children's Folk. (nwk/nrl)