DetikNews
Minggu 03 Juli 2016, 14:46 WIB

Djurdjevdan, Tradisi Pulang Kampung Muslim di Kosovo

Nadila Fitria - detikNews
Djurdjevdan, Tradisi Pulang Kampung Muslim di Kosovo Foto: Tim Jazirah Islam/ Trans7
Pristina - Muslim menduduki angka yang cukup besar di Makedonia. Namun setelah pendudukan komunis 20 tahun lalu, banyak warga muslim Makedonia yang bersembunyi bahkan pindah ke negara lain.

Kosovo adalah salah satu negara tetangga tujuan dan berbatasan langsung dengan Makedonia. Ada satu suku muslim Makedonia yang menjalani kehidupan Kosovo. Di Pristina, Ibukota Kosovo banyak masjid yang terlihat.

90 persen penduduk Kosovo adalah etnis Albania yang merupakan bangsa muslim. Pegunungan semenanjung balkan memang dihuni oleh sebagian besar muslim di eropa timur. Saat perang perebutan kembali negara dari kekuasaan Turki Utsmani sekitar 5 abad lalu banyak suku muslim yang lari ke pegunungan dan hidup turun temurun hingga saat ini, tak terkecuali suku Gorani.

Suku Gorani punya tradisi yang menarik, yaitu hari raya Djurdjevdan. Hari itu adalah hari istimewa dimana semua suku Gorani di seluruh dunia datang ke Desa Brod. Bisa juga disebut dengan istilah pulang kampung.


Biasanya Hari Djurdjevdan dirayakan di bulan Juni atau Juli saat musim panas tiba. Kegiatan dilakukan di bukit dan lapangan terbuka, seluruh Suku Gorani datang untuk melepas rindu dan berkenalan satu sama lain.

Pada Hari Djurdjevdan, semua wajib hadir, tidak peduli mereka tinggal di negara manapun. Mereka juga menggelar doa bersama untuk pertanian yang baik.

Sesungguhnya perayaan Djurdjevdan merupakan tradisi peninggalan zaman romawai kuno ratusan abad lalu saat menguasai Makedonia. Awalnya merupakan perayaan budaya menyambut musim semi yang hingga kini masih dipertahankan dan mengakar dengan kuat.

Semua orang yang datang, khususnya wanita wajib mengenakan pakaian tradisional. Di Desa Brod, hanya ada satu penjahit yang memenuhi pesenan baju tradisional.

Jika Anda bertandang ke ibukota Makedonia ini dan ingin membeli daging halal, jangan khawatir. Karena beberapa supermarket menjual daging halal, produksi muslim di Skoype.

Uka Halal Komerc, adalah nama perusahaan yang menyediakan daging halal ini. Berawal dari resep orang tua dan keinginan menyediakan daging yang halal untuk enam ratusan ribu muslim di Makedonia, Metush Abazi membangun pabrik daging halal ini.

Pabriknya dilengkapi dengan peralatan berteknologi mumpuni, serta dengan kebersihan yang selalu terjaga. Terdapat sejumlah jenis daging kemasan, sapi dan ayam dengan berbagai bumbu.






Kisah selengkapnya saksikan di Jazirah Islam, tayang setiap hari pukul 04.45 WIB di Trans7.
(ega/ega)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed