DetikNews
Sabtu 02 Juli 2016, 16:01 WIB

H-4 Lebaran, Permintaan Jasa Penitipan Hewan di Bandung Menggeliat

Mukhlis Dinillah - detikNews
H-4 Lebaran, Permintaan Jasa Penitipan Hewan di Bandung Menggeliat Foto: Mukhlis Dinillah/detikcom
Bandung - Jasa penitipan hewan di Kota Bandung laris manis menjelang mudik lebaran. Sebagian besar masyarakat tidak ingin hewan peliharaan di rumah terlantar saat ditinggal pulang kampung.

Kondisi ini tentunya membuat jasa penitipan hewan peliharaan menjadi buruan masyarakat. Seperti halnya yang terlihat di Juaro Pet Shop & Care, Jalan Venus Raya, Kota Bandung.

Pemilik Juaro Pet Shop & Care, Andi Rivai, permintaan jasa penitipan hewan mengalami peningkatan dibandingkan hari biasanya. Tingginya permintaan mencapai 30 persen.
Puncak penitipan hewan diperkirakan H-3 lebaran ( Mukhlis/detikcom)


"Biasanya pengunjung sudah reservasi sejak H-7 lebaran. Bahkan ada juga datang pada hari keberangkatan mereka (langsung tanpa reservasi)," kata Andi.

Demi kenyamanan bagi masyarakat, Andi menyarankan untuk melakukan reservasi terlebih dahulu. Hal ini untuk mengantisipasi keterbatasan tempat penitipan. "Kan kasian mereka sudah jauh-jauh tahunya penuh. Makanya, saya sering edukasi mereka lewat medsos untuk reservasi dulu minimal seminggu sebelum berangkat (mudik lebaran)," ujar dia.

Andi sudah menerima sekitar 20 hewan peliharaan baik kucing maupun anjing. Sementara untuk yang baru melakukan reservasi mencapai 40 pemilik. "Satu form reservasi itu ada yang dua sampai tiga hewan peliharaan. Saya perkirakan puncak penitipan besok H-3 lebaran," ujar dia.

Pada tahun-tahun sebelumnya, kata Andi, Juaro Pet Shop & Care menerima berbagai jenia hewan peliharaan. Namun lebaran tahun ini hanya menerima penitipan anjing dan kucing. "Tapi memang trennya anjing sama kucing yang banyak. Untuk reptil saya kehilangan orang yang merawat, jadi enggak nerima dulu tahun ini," ucap dia.

Untuk jasa penitipan hewan peliharaan, ia mematok harga Rp 45.000 hingga Rp 130.000 per harinya. Harga tersebut barlaku bagi kucing dan anjing tergatung ukuran dan jenis hewan tersebut.

Dengan harga segitu kami memberikan jasa antar jemput hewan peliharaan, termasuk juga update rutin via sosmed kondisi hewan yang dititipkan berikut foto. Jadi pet lovers yang menitip bisa follow akun sosmed kami di fb, twitter dan instagram. Ini sangat memudahkan buat mereka," ujar dia.



(aan/aan)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
BERITA TERBARU +