DetikNews
Jumat 01 Juli 2016, 17:18 WIB

Begini Serunya Buka Puasa Bersama WNI dan Mualaf di Belanda

Ananda Muthia Putri - detikNews
Begini Serunya Buka Puasa Bersama WNI dan Mualaf di Belanda Foto: Dok Stichting Generasi Baru (SGB)
Utrecht - Komunitas muslim Indonesia di kota Utrecht, Belanda yang tergabung dalam organisasi Stichting Generasi Baru (SGB-Utrecht) menggelar buka puasa bersama. Acara ini bertujuan untuk mempererat tali persudaraan WNI dan WNA Muslim di sana.

"Acara buka puasa bersama ini bertujuan untuk mempererat tali persaudaraan dan silaturrahim antar masyarakat Indonesia di Utrecht," kata Ketua Bidang Dakwah dan Kajian SGB, Siswanto dalam surat elektronik, Jumat (1/7/2016).

Acara buka puasa dihadiri oleh keluarga-keluarga Indonesia mulai dari ibu-ibu dan bapak-bapak, anak-anak dan mahasiswa serta pelajar. Mereka semua tumpah jadi satu dalam semangat kebersamaan.

Foto: Dok Stichting Generasi Baru (SGB)


"Meskipun durasi puasa tahun ini cukup lama sekitar 18,5 jam karena tepat jatuh di pertengahan musim panas, namun ini tidak mengurangi semangat warga muslim untuk hadir di acara-acara seperti ini. Bahkan beberapa muslim Belanda yang tergabung dalam grup pengajian Bina Dakwah juga hadir di acara buka puasa ini," ujar Siswanto.

Kegiatan buka puasa perdana di bulan Ramadan ini berlangsung sangat ramai dan penuh dengan suasana kekeluargaan. Acara diisi dengan pembacaan ayat suci Alquran dan ceramah.

"Para mualaf Belanda juga ikut larut dalam suasana indah ini dan tidak terlihat adanya sekat di antara mereka. Semuanya melebur menjadi satu dalam semangat ukhuwah Islamiyah," ujarnya.

Foto: Dok Stichting Generasi Baru (SGB)


Menurut Siswanto, mahasiswa yang hadir dalam acara ini mengaku sangat senang dan terharu karena bisa menikmati suasana Indonesia di negeri rantau.

Kota Utrecht adalah kota keempat terbesar setelah Amsterdam, Den Haag dan Rotterdam, dan letaknya sangat strategis, yakni berada di pertengahan wilyah Belanda, sehingga alur transportasi dari berbagai kota di Belanda hampir semuanya melewati kota yang terkenal dengan gereja Domkerk-nya ini.

Jumlah penduduk Utrecht sekitar 400.000 ribu orang dengan penduduk muslim berjumlah sekitar 13.000 ribu dari berbagai negara, seperti muslim Turki, Marokko, Indonesia, Suriname, Somalia, India, Pakistan, dan Mesir.


Foto: Dok Stichting Generasi Baru (SGB)

(slh/ega)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed