Dubes Agus Maftuh Serahkan Surat Kepercayaan kepada Raja Saudi

Salmah Muslimah - detikNews
Jumat, 24 Jun 2016 14:46 WIB
Dubes Maftuh Abegebriel menyerahkan Credential Letter kepada Raja Salman bin Abdul Aziz Alsaud (KBRI Riyadh)
Riyadh - Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Republik Indonesia untuk Kerajaan Arab Saudi, Agus Maftuh Abegebriel telah menyerahkan Surat-surat Kepercayaan (letter of credentials) kepada Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz Al Saud di Istana Kerajaan Al-Salam di kota Jeddah, pada hari Rabu, tanggal 22 Juni 2016 yang bertepatan dengan tanggal 17 Ramadhan 1437 H, pukul 13.30 waktu setempat.

Bersama Dubes RI, terdapat 12 Duta Besar lain yang ikut menyerahkan Surat-Surat Kepercayaan kepada Raja Arab Saudi. Demikian siaran pers KBRI Riyadh yang diterima detikcom, Jumat (24/6/2017).

Para Duta Besar tersebut diterbangkan dari Riyadh ke Jeddah pada hari Selasa, 21 Juni 2016 pukul 18.00 dengan pesawat khusus Kerajaan yang selanjutnya menuju Guest and Conference Palace Jeddah untuk memperoleh briefing mengenai prosesi upacara.

Dubes Maftuh Abegebriel bersama para Dubes di pesawat VVIP Kerajaan Arab Saudi (dok KBRI Riyadh)

Keesokan harinya, Rabu, 22 Juni 2016, mulai pukul 12.00, para Duta Besar diantar satu per satu dengan mobil khusus dari Guest and Conference Palace ke Istana Raja. Setelah itu, seluruh Duta Besar dikumpulkan di sebuah ruang tunggu. Kemudian satu pers atu menyerahkan Surat-Surat Kepercayaan kepada Raja Salman dengan menyebutkan nama dan negara masing-masing.

Di luar tradisi yang selama ini berjalan, kali ini setiap Duta Besar diberikan kesempatan sekitar 5 menit untuk melakukan percakapan singkat.

Dalam kesempatan tersebut, Dubes RI Riyadh telah menyampaikan salam dari Bapak Presiden RI Joko Widodo. Selanjutnya Dubes Maftuh juga meyakinkan Raja untuk berkunjung ke Indonesia dengan menandaskan

"Rakyat Indonesia telah menunggu kunjungan Raja Arab Saudi ke Indonesia selama 46 tahun," kata Dubes yang juga staf pengajar UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta ini.

Sementara itu, dalam dialog dengan para Dubes, Raja Salman menyampaikan bahwa negaranya berkomitmen untuk menginisiasi terciptanya perdamaian dunia, dan untuk itu negaranya siap bekerja sama dengan seluruh negara sahabat.

Dubes yang mengenalkan branding diplomasi SAUNESIA (Saudi-Indonesia) ini ternyata mendapatkan perlakuan khusus dari Raja Salman karena di antara 12 Dubes yang menyerahkan kredensial ternyata foto Dubes RI dipilih sebagai foto utama di akun resmi instagram Raja Salman bin Abdul Aziz @king1salman.

akun resmi Instagram Raja Salman dengan Foto Dubes RI sebagai gambar utama. (dok KBRI Riyadh)


Di hari yang sama, dengan pesawat VVIP Kerajaan, Dubes RI kembali ke Riyadh dan memberikan sambutan di Wisma Duta.

(nrl/nrl)