Bareskrim Polri Bongkar Pabrik Pembuat Vaksin Palsu di Tangerang Selatan

Herianto Batubara - detikNews
Rabu, 22 Jun 2016 08:25 WIB
Foto: istimewa
Tangerang Selatan - Sungguh jahat para pelaku ini. Demi keuntungan rupiah, mereka memalsukan vaksin dan menjualnya ke sejumlah rumah sakit. Bareskrim Polri mengendus ulah para pelaku dan membongkar praktik ini.

Menurut Direktur Tipid Eksus Bareskrim Polri, Brigjen Agung Setya, Rabu (22/6/2016) para pelaku digerebek di pabrik mereka di Pondok Aren Tangerang Selatan pada Selasa (21/6). Ada lima orang yang diamankan yakni M, T, A, S, dan L.

"Pabrik pembuatan vaksin palsu ini membuat vaksin campak, polio, dan hepatitis B, tetanus, dan BCG," jelas Agung.
vaksin yang dipalsukan tersangka

Agung mengungkapkan, di lokasi pabrik ditemukan tempat yang tidak steril dan penuh dengan obat berbahaya lainnya serta alat untuk membuat vaksin mulai dari botol ampul, bahan-bahan berupa larutan yang dibuat tersangka dan labelnya.

"Pelaku mengisi ampul dengan cairan buatan sendiri yang menyerupai vaksin aslinya dengan menempelkan merk dan label. Cairan buatan pelaku tersebut berupa antibiotic gentamicin dicampur dengan cairan infus," urai Agung.

Para pelaku kemudian digiring ke Bareskrim Polri dengan barang bukti. Pemeriksaan dilakukan secara intensif untuk mengungkap lamanya pembuatan pabrik palsu ini serta peredarannya. Khawatir sudah ada masyarakat yang menggunakan vaksin palsu ini. (dra/dra)