Kapolri: Tugas Intel Juga Pantau Harga Cabe keriting dan Bawang

Rini Friastuti - detikNews
Senin, 20 Jun 2016 19:33 WIB
Foto: Ari Saputra
Jakarta - Kapolri Jenderal Badrodin Haiti mengatakan bahwa semakin hari tugas kepolisian semakin berat. Selain melaksanakan pengamanan di masyarakat, Polri juga dituntut untuk memantau pergerakan serta laju inflasi yang terjadi di Indonesia.

"Tugas polisi semakin hari semakin berat. Tidak hanya beras plastik tapi juga cabe keriting. Itu setiap hari intel itu memantau harga cabe keriting, bawang," ujar Kapolri dalam sambutannya dalam acara silaturahmi dan buka bersama di ruang Rupatama Mabes Polri, Jl Trunojoyo, Jaksel, Senin (20/6/2016).

Badrodin meminta masyarakat untuk berkaca kembali pada apa yang dilakukan mantan Presiden Soeharto dulu. Saat itu Kodim disuruh memantau harga kebutuhan pangan dan pokok.

"Kenapa sih Pak Harto disuruh Kodim monitor harga itu? Ternyata di sana kita bisa melihat kalau harganya tinggi maka dapat terjadi inflasi dan bisa membuat daya beli berkurang. Dan pertumbuhan kita tidak berkembang," jelasnya.

Sehingga kata Badrodin, apabila Presiden memerintahkan untuk memonitor apabila ada kenaikan. Dan menyelidiki apakah ada penyimpangan.

"Kalau yang menurunkan harga bukan polisi,tapi menemukan penyimpangan itu polisi. Termasuk ada kelangkaan komodoti yang bersubsidi," kata dia. (rii/tfq)