DetikNews
Senin 20 Juni 2016, 11:23 WIB

Kisah Hijrah Caisar YKS, Dicemooh Hingga Jadi Penjual Baju

Ananda Muthia Putri - detikNews
Kisah Hijrah Caisar YKS, Dicemooh Hingga Jadi Penjual Baju Caisar berbaju putih-abu-abu (Foto: Ananda Muthia Putri/detikcom)
Jakarta - Nama Caisar Aditya atau yang lebih akrab disapa Caisar dikenal publik lewat penampilan "Goyang Cesar" di acara Yuk Kita Sahur (YKS) di Trans TV. Pria kelahiran Jakarta, 29 Agustus 1989 ini mendadak popular dan banyak mendapat limpahan materi.

Namun, Caisar kini berbeda. Dia sudah jarang tampil di televisi dan memilih untuk berhijarah mendalami ilmu agama. Setelah menikah dengan Indadari Mindrayanti pada 5 April 2014, Caisar memutuskan untuk meninggalkan dunia entertainment yang telah membesarkan namanya, dan fokus berhijrah di jalan Allah.

Keputusan Caisar sempat membuat banyak orang dan para sahabat terkejut. Namun hal ini tidak serta merta membuat Caisar goyah dan tetap meneruskan hijrahnya.

"Di awal saya berhijrah memang banyak sekali ujian-ujian dari Allah. Banyak orang yang mengata-ngatai saya, ah sok bener lu dulu aja nongkrong sama gua, sekarang lu jadi beda, tapi saya ikhlas menerimanya. Insya Allah kalau kita menjalaninya karena Allah, pasti Allah kasih kemudahan pada kita," jelas Caisar.

Saat ini Caisar lebih banyak mengisi kegiatannya dengan menekuni dunia bisnis pakaian yang ia bangun bersama dengan istrinya dan juga menjadi narasumber di berbagai acara kajian keagamaan. Seperti saat ditemui detikcom di Aula Rabbani, Rawamangun, Jakarta, Minggu (12/6/2106). Caisar dan Indadari menghadiri acara kajian NgoPiSuSu (Ngobrol Perkara Iman Sungguh-Sungguh) yang diadakan oleh komunitas Pejuang Subuh.

Acara yang bertemakan Ramadhan The Month Of Hijrah ini selain dihadiri oleh Caisar dan Indadari, juga dihadiri oleh Ustadz Luthfi Mufti. Dalam kesempatan ini, Caisar dan Indadari menceritakan kisah hijrah mereka.

"Momen yang membuat saya akhirnya berhijrah itu salah satunya mungkin materi. Dulu kan pikiran saya itu jadi orang kaya, Allah berikan itu semua, Allah kasihkan fasilitas-fasilitas dunia itu. Tapi saat saya menyadari itu semua hanya titipan dari Allah, saya menyesali semua yang saya lakukan dulu, dan memutuskan untuk berhijrah," kata Caisar.

Indadari yang mendampingi Caisar menambahkan banyak hal yang harus disiapkan agar hijarah yang dilakukan menyeluruh tidak setengah-setengah. Misalnya harus paham ilmu dan berjanji tidak mengurangi kesalahan.

"Yang harus dipersiapkan sebelum berhijrah itu yang pertama taubat, karena tidak ada hijrah tanpa taubat. Yang kedua itu ilmu, karena kalau tidak pakai ilmu nanti bisa salah. Yang ketiga sahabat dan lingkungan yang mendukung, dan yang keempat doa," tutur Indadari.

Penampilan Caisar dan Indadari kini memang sangat berbeda dari awal kemunculannya dahulu. Dagu Caisar kini sudah mulai ditumbuhi janggut dan dalam kesempatan apapun ia selalu mengenakan peci. Indadari yang dulu dikenal sebagai seorang hijab fashion stylish, kini meninggalkan pekerjaannya itu dan mengenakan cadar.

Ketika ditanya mengenai hubungannya dengan rekan-rekan artis yang dulu sempat bekerja bersama, Caisar menjelaskan bahwa komunikasi masih berjalan baik dan silaturahmi sangat penting dijaga.

Caisar dan Indadari kini telah dikaruniai 2 orang anak. Seorang putri dari pernikahan Indadari terdahulu bernama Nokia Alike Putri Hakim dan seorang anak laki-laki bernama unik, yaitu Kipsmail Aditya Harnano.
(slh/ega)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed