DetikNews
Sabtu 18 Juni 2016, 14:25 WIB

Cek Harga Sembako di Bandung, Zulkifli Hasan Minta Pemerintah Jaga Pasokan

Ahmad Masaul Khoiri - detikNews
Cek Harga Sembako di Bandung, Zulkifli Hasan Minta Pemerintah Jaga Pasokan Foto: Zulkifli Hasan di Bandung Barat (Masaul Khoiri/detikcom)
Bandung - Setelah melakukan berbagai kegiatan di Kota Bandung, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan melanjutkan agenda Sabang Merauke Ramadhan di Kabupaten Bandung Barat. Zulkifli meninjau harga kebutuhan bahan pokok di Pasar Cermat Batujajar, Bandung Barat.

Pantauan detikcom di lokasi, Sabtu (18/6/2016), pria yang akrab disapa Bang Zul itu menemui beberapa pedagang di dalam pasar sambil menanyakan harga sembako. Bang Zul didampingi Kepala Disperindag Kabupaten Bandung Barat Weti Lambanawati.

"Harga daging berapa bu? Sudah turun?," tanya Bang Zul.

"Sudah pak. Sekarang daging yang paling bagus hanya Rp 110 ribu. Ada yang sedang Rp 90 ribu dan campuran 60 ribu," ujar pembeli bernama Neli. Bang Zul kemudian membeli 3 kilogram daging berbeda kualitas.
Foto: Zulkifli Hasan di Bandung Barat (Masaul Khoiri/detikcom)

Setelah berkeliling di dalam komplek pasar tersebut, Bang Zul beserta rombongan menemui pedagang kaki lima (PKL). Ketua MPR RI itu menanyakan apakah sudah berkeluarga, punya anak berapa dan dari mana asalnya. Bang Zul kemudian membeli dagangan PKL tersebut.

"Nama saya Iron pak. Anak saya 3 sekolah semua. Kalau hari biasa saya tukang ojek dan kalau ada ikan saya jual ikan," ujar PKL yang berasal dari Kampung Sekeloa, Kecamatan Batujajar itu.

"Walau susah harus rajin demi anak-anakmu. Puasa kan?," tanya Bang Zul. Dijawab iya.

Menurut Bang Zul, setelah 10 hari berjalan di Bulan Ramadan, harga-harga kebutuhan pokok mulai berangsur turun. Oleh karenanya ia mengingatkan pemerintah untuk menjaga pasokan agar harga tetap stabil.

"Kita cek harga setelah 10 hari lebih puasa. Kemarin kan harga daging melambung tinggi dan sekarang turun jadi Rp 110 ribu untuk yang paling bagus, yang sedang Rp 90 ribu, dan yang banyak gajihnya Rp 60 ribu," ujar Zulkifli di Jalan Pasar Batujajar.

"Kita bersukur stok sudah banyak dan cukup sampai lebaran. Sayuran juga turun, yang agak tinggi daging ayam. Harganya kan Rp 30 ribu biasanya dan sekarang masih di Rp 36 ribu. Jika pemerintah menjaga pasokan terus ada maka harga akan turun juga," sambung dia.
Foto: Zulkifli Hasan di Bandung Barat (Masaul Khoiri/detikcom)

Pada kesempatan tersebut, Zulkifli Hasan turut didampingi oleh beberapa pengurus DPP PAN. Antara lain Sekjen PAN Eddy Soeparno, Ketua DPP yang juga Sekretaris F-PAN Yandri Susanto, Waketum PAN Raja Sapta Oktohari, Ketua DPP Riski Sadig, M Najib Qodratullah, Azis Subekti, serta Wasekjen PAN Ahmad Yohan, Soni Sumarsono, Iswari Mukhtar, Suherlan, dan Keliek Umbaran.

Sebelumnya saat Safari Ramadan di Kabupaten Garut Zulkifli mendapatkan banyak keluhan dari para petani soalnya rendahnya harga hasil pertanian mereka. Padahal di pasaran harganya sangat tinggi. Hal ini terjadi karena adanya permainan para tengkulak yang mana ketika membeli sayur mayur ditingkat petani dengan harga murah tetapi ketika menjual dengan harga tinggi.
(miq/miq)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed