DetikNews
Jumat 17 Juni 2016, 14:16 WIB

Ribuan Telur Busuk Siap Edar Disita Polisi di Bogor

Farhan - detikNews
Ribuan Telur Busuk Siap Edar Disita Polisi di Bogor Foto: Telur busuk yang disita/ Farhan detikcom
Jakarta - Tim buser Polres Bogor Kota menangkap Solahudin (33), warga Caringin, Kabupaten Bogor, saat hendak menjual ribuan telor ayam busuk di Pasar Bogor, Jalan Surya Kencana. Penangkapan itu dilakukan Jum'at (17/06/2016) dini hari tadi.

"Pelaku diamankan dini hari tadi. TKP di Pasar Bogor. Barang bukti yang diamankan 2.100 butir telur busuk," kata Kasubag Humas Polres Bogor Kota, AKP Maman Firman, saat diwawancara wartawan, Jumat (17/06/2016).

Dari hasil penyelidikan sementara, diketahui telur-telur busuk tersebut didapat pelaku dari sebuah perusahaan penetasan ayam yang berada di kawasan Sukabumi. Oleh pelaku, telur-telur yang direbus sebelumnya itu kemudisn dijual kepada pedagang-pedagang bakso untuk bahan campuran di dalam bakso. Telur-telur tersebut juga dijual dengan harga yang lebih murah dari pasaran.

"Untuk mengelabui konsumennya, pelaku sengaja merebus terlebih dahulu telur-telur busuk itu. Biasanya, telur itu dijual ke tukang bakso. Untuk daleman bakso. Dan pedagang warteg yang ada di Bogor," terang AKP Firman.

AKP Firman mengatakan, hingga saat ini penyidik Polres Bogor Kota masih memintai keterangan pelaku tuntuk mengungkap lebih jauh kasus peredaran telur busuj tersebut. Jika terbukti melakukan pelanggaran, Solahudin akan dijerat Undang-undang Perlindungan konsumen.

Selama Bulan Ramadan, setidaknya sudah tiga kali petugas di Bogor mengamankan penjual telur busuk. Dua pengungkapan sebelumnya dilakukan oleh petugas Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Bogor. Pengungkapan pertama, dilakukan di Pasar Bogor pada Rabu (8/6/2016) dinihari dengan barangbukti sebanyak 3.000 butir telur ayam busuk yang sudah direbus. Malam berikutnya, petugas Disperindag Kota Bogor yang melakukan inspeksi mendadak (sidak) kembali mengamankan telur busuk siap edar sebanyak 9.000 butir telur ayam busuk.


(rvk/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed