Jokowi Lantik Longki Djanggola dan Sudarto Jadi Gubernur Sulteng di Istana

Ray Jordan - detikNews
Kamis, 16 Jun 2016 10:39 WIB
Foto: Ray Jordan/detikcom
Jakarta - Presiden Joko Widodo melantik Longki Djanggola dan Sudarto sebagai Gubernur Sulawesi Tengah dan Wakil Gubernur Selawesi Tengah terpilih periode 2016-2021. Prosesi pelantikan dilakukan di Istana Negara, Jakarta.

Acara pelantikan dimulai dengan penyerahan petikan keputusan Presiden kepada Longki Djanggola dan Sudarto. Acara berlangsung di Istana Merdeka, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Rabu (16/6/2016).

Acara kemudian dilanjutkan dengan prosesi kirab bersama Longki dan Sudarto. Presiden Jokowi didampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) dan bersama Longki dan sudarto berjalan kaki dari Istana Merdeka menuju Istana Negara. Rombongan dikawal dengan pasukan marching band Paspampres.

Di Istana Negara, dilakukan proses pelantikan. Longki dan Sudarto tampak mengenakan setelan baju resmi gubernur warna putih. Longki dan Sudarto dilanti dengan Surat Keputusan Presiden Nomor 70 P Tahun 2016.

Hadir dalam acara ini pimpinan lembaga tinggi negara seperti Wakil Ketua MPR Oesman Sapta Odang, Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah, Wakil Ketua DPR Agus Hermanto, Ketua DPD Irman Gusman, Ketua DKPP Jimly Asshiddiqie,

pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Tengah


Sementara itu, Menteri Kabinet Kerja yang hadir yakni, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menko Kemaritiman Rizal Ramli.

Hadir juga Kapolri Jenderal Badrodin Haiti, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, Kepala Staf Presiden Teten Masduki, Juru Bicara Presiden Johan Budi SP dan pengacara Yusril Ihza Mahendra.

"Atas nama bangsa, negara dan rakyat Indonesia, saya mengucapkan selamat atas pelantikan saudara sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Tengah. Rakyat Sulawesi Tengah pasti dengan sukacita menyambut kehadiran saudara dengan semangat baru. Sebagai gubernur dan wakil gubernur mengemban amanat yakni mewujudkan janji untuk memajukan kesejahteraan di Provinsi Sulawesi Tengah," kata Presiden saat memberikan amanat. (rjo/tfq)