Wagub Aceh: Warga Etnis Tamil Bukan Pelarian, Segera Ditarik ke Tengah Laut

Agus Setyadi - detikNews
Rabu, 15 Jun 2016 14:59 WIB
Foto: Kapal milik pengungsi etnis Tamil yang kandas/ Agus Setyadi
Lhoknga - Wakil Gubernur Aceh Muzakir Manaf mengunjungi warga Sri Lanka etnis Tamil yang terdampar di Pantai Lhoknga, Aceh Besar. Hingga saat ini, mereka masih berada di dalam kapal yang kandas di bibir pantai.

Pantauan detikcom, begitu tiba di Pantai Pulau Kapuk, Lhoknga, Aceh Besar, Muzakir langsung menghubungi Kapolda Aceh Irjen Husein Hamidi, Pangdam IM Mayjen TNI Rudi L Polandi dan perwakilan Menkopolhukam. Ia menanyakan apakah warga etnis Tamil ini boleh dibawa ke daratan atau tidak.

"Tapi mereka bilang tidak boleh dibawa ke daratan karena mereka bukan pelarian (dari negaranya). Jadi harus ditarik lagi ke tengah laut," kata Muzakir di Lhoknga, Rabu (15/6/2016).

Pemerintah Aceh, kata Muzakir, akan memberikan bantuan logistik untuk warga etnis Tamil yang menumpangi kapal berbendera India. Sementara untuk bahan bakar yang diminta tujuh ton juga akan disanggupi.

"BBM juga akan berikan sesuai yang mereka minta," jelas Muzakir.

Menurutnya, warga etnis Tamil akan segera ditarik ke tengah laut agar dapat melanjutkan perjalanan ke Australia. Saat ini, katanya masih terkendala cuaca.

"Kalau cuacanya sudah bagus mereka segera ditarik," ungkapnya.

Hingga saat ini, kapal besi hijau masih kandas di bibir pantai. Rencananya kapal tersebut akan ditarik dengan menggunakan KRI yang sedang bergerak ke lokasi dari Sabang.

(rvk/rvk)