Menteri Yuddy Sidak ke Serang, Soroti Sistem Absensi Manual

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Selasa, 14 Jun 2016 15:15 WIB
Menteri Yuddy Meninjau Kecamatan Pabuaran Banten (Foto: Muhammad Fida Ul Haq/detikcom)/ Detikcom
Banten - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara (PAN) dan Reformasi Birokrasi (RB) Yuddy Chrisnandi sidak di Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Serang, Banten. Yuddy menanyakan tentang sistem absensi yang masih manual.

Yuddy mengabsen pegawai melalui sebuah buku. Pegawai dipanggil satu per satu dan mereka semuanya ada. Yuddy sempat menanyakan absen yang belum online.

"Masih banyak institusi pemerintah masih manual. Direkap satu minggu dan masih manual sekali. Kalaupun sudah online tapi belum terintegrasi dengan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD)," ujar Yuddy di kantor Kecamatan Pabuaran, Selasa (13/6/2016).

Yuddy didampingi Deputi bidang Pelayanan Publik Diah Natalisa, Karo Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik (HKIP) Herman Suryatman, dan Staf Khusus bidang Komunikasi, Sosial dan Politik M. Fariza Y. Irawady. Yuddy juga didampingi Kapolda Banten Brigjen Ahmad Dofiri, Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah dan Wakil Wali Kota Serang H Sulhi.

Yuddy juga bertanya pada pegawai kecamatan itu siapa saja yang belum menjadi PNS. Dari situ terlihat ada salah satu pegawai yang masih honorer sejak tahun 2008. Yuddy bertanya apakah pegawai itu sudah pernah ikut tes PNS belum. Pegawai honorer itu mengatakan belum pernah ikut tes.

Setelah dari kecamatan, Yuddy memantau ke Puskesmas di Pabuaran. Yuddy juga bertanya tentang pegawai Puskesmas masalah yang sama seperti absensi.
Yuddy dan Kapolda Banten Brigjen Ahmad Dofiri (Fida/detikcom)

Kemudian, Yuddy meninjau Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polda Banten. Yuddy memberikan pengarahan kepada jajaran Polda Banten.

Setelah dari situ, Yuddy berangkat ke Pandeglang. Dia akan ke kecamatan yang berada di pinggir jalan. Pemilihan kecamatan tersebut dilakukan secara random. (nwy/nrl)