detikNews
Jumat 10 Juni 2016, 17:11 WIB

PKB: 4 Menteri dari Kami di Kabinet Kerja Adalah Warga NU

Indah Mutiara Kami - detikNews
PKB: 4 Menteri dari Kami di Kabinet Kerja Adalah Warga NU Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Presiden Joko Widodo menghitung ada 6 menteri dari NU di Kabinet Kerja namun angka itu ditepis PBNU. PKB menyatakan bahwa 4 menteri dari partainya adalah perwakilan NU.

"Iya dong (PKB dihitung sebagai NU). Konstituennya mayoritas NU. Semua aktivisnya, pengurusnya warga NU. Meski ada juga yang non NU dan non muslim. Di kementerian, yang diendorse resmi PKB ada 4 (menteri). Semua itu adalah warga NU," kata Wasekjen PKB Abdul Malik Haramain saat berbincang, Jumat (10/6/2016).

Empat menteri dari PKB yang dimaksud adalah Menaker Hanif Dhakiri, Menpora Imam Nahrawi, Mendes Marwan Jafar, dan Menristek Dikti M Nasir.

Baca Juga: Siapa 6 Menteri NU yang Dimakud Jokowi?

Abdul Malik menuturkan bahwa tentu pemilihan menteri adalah hak prerogatif Jokowi. Pihaknya meyakini Jokowi sudah mempertimbangkan aspek-aspek keumatan.

"Saya yakin faktor ikatan atau ideologi apakah itu Islam modern atau Islam tradisional sudah dipertimbangkan Pak Jokowi. Bukan saatnya lagi kita sibuk dengan perdebatan atau wacana menteri ini kelompok ini dan itu," ucapnya.

Menteri dari NU yang dipilih Jokowi pun bekerja untuk seluruh umat, bukan hanya NU. Begitu juga yang lainnya. Malik menegaskan bahwa yang terpenting menteri di Kabinet Kerja memiliki kompetensi.

"Terserah Pak Jokowi mau rekrut NU, Muhammadiyah atau nonmuslim. Yang penting punya kompetensi," ungkap Abdul Malik.

Asal mula munculnya isu menteri asal NU ini dilontarkan oleh Presiden Jokowi saat menyampaikan sambutan di acara Haul Taufiq Kiemas di Teuku Umar, Menteng, Jakarta, Rabu (8/6) lalu. Jokowi mengungkap ada pertanyaan soal jumlah menteri NU di kabinet.

"Saya mau klarifikasi mengenai menteri NU. Tadi diam-diam saya hitung ada 6. Jadi NU ada," kata Jokowi saat itu.

Ketua PBNU Marsudi Syuhud menyebut 4 menteri dari PKB tak mewakili NU. Padahal PKB selama ini parpol yang identik dengan NU.

"Yang 4 itu PKB. Khofifah itu timses. Dari PBNU tidak ada," kata Marsudi di Gedung DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (9/6/2016).


(imk/erd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com