detikNews
Senin 06 Juni 2016, 09:28 WIB

Mahasiswa Kedokteran Suarakan Mutu Pendidikan di Fakultas Kedokteran yang Merosot

Angga Aliya - detikNews
Mahasiswa Kedokteran Suarakan Mutu Pendidikan di Fakultas Kedokteran yang Merosot Foto: istimewa
Jakarta - Suara dorongan perbaikan pendidikan di Fakultas Kedokteran di berbagai universitas di Indonesia datang dari Ikatan Senat Mahasiswa Kedokteran Indonesia (ISMKI). Mereka mendesak pemerintah melakukan aksi nyata menangani mutu pendidikan di Fakultas Kedokterang yang merosot.

Para mahasiswa ini sempat berunjuk rasa pada Jumat (3/6) di depan kantor Kemenristek Dikti. Mereka akhirnya ditemui Menristek Dikti Prof Mohamad Nasir. Diskusi pun dilakukan, para mahasiswa ini menanyakan terkait moratorium Fakultas Kedokteran.

"Saat itu beberapa pertanyaan sedikit demi sedikit mulai terjawab, namun pemantauan tetap harus dilakukan dengan aktif. Salah Satu Hasil besar diskusi tersebut adalah: Dalam tempo 2 minggu, Kemenristekdikti RI akan menerbitkan Surat Edaran mengenai Pemberlakuan Moratorium Pendirian Fakultas Kedokteran hingga 50% FK akreditasi C berkurang (akreditasi meningkat) dan FK dengan tingkat kelulusan UKMPPD dibawah 50% berkurang setengahnya, yang berarti 17 Juni nanti, kita menunggu keluarnya surat edaran ini," urai Koordinator Hubungan Masyarakat Ikatan Senat Mahasiswa Kedokteran Indonesia, Sherly Lawrensia, dalam keterangan tertulis, Senin (6/6/2016).

Sherly dan rekan-rekannya berharap langkah moratorium akan segera diwujudkan mengingat mutu pendidikan di FK menjadi problem dasar.

"Kita semua berharap setelah ini akan ada banyak hal positif," tegas dia.
(ang/dra)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com