Tak Hanya Kelompok Santoso, Pemerintah Akan Tuntaskan Semua Masalah di Poso

Jurig Lembur - detikNews
Jumat, 03 Jun 2016 18:59 WIB
Menko Polhukam Luhut Binsar Panjaitan (Foto: Ari Saputra/detikFoto)
Jakarta - Menko Polhukam Luhut Binsar Pandjaitan sore tadi menggelar rapat membahas penyelesaian masalah di Poso. Menurutnya, penyelesaian itu bukan hanya terkait kelompok teroris Santoso, tapi juga masalah secara luas.

"Tadi kita evaluasi semua, progresnya sangat baik, dan kita mendekati penyelesaian Poso dengan holistik. Tidak hanya bicara operasi masalah Santoso, tapi juga masalah pendidikan kesehatan dan dana desa, guru, masalah pesantren, santri, kiai," ucap Luhut usai rapat di kantornya, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta, Jumat (3/6/2016).

Intinya kata Luhut, semua permasalahan yang ada di Poso diselesaikan bersama. Misal soal guru, dalam rapat tadi diundang Mendkibud Anies Baswedan karena banyak guru meninggalkan sekolah khawatir dengan Santoso.

"Semua terpadu tidak sendiri-sendiri, guru sekolah yang kurang bagaimana training lagi," ujarnya.

Sementara itu, operasi Tinombala yang dilakukan Polri dan TNI untuk memberantas kelompok teroris Santoso masih berlanjut. Luhut menyebut kelompok Santoso sudah jauh berkurang.

"Saya kira kekuatan Santoso sudah jauh banyak berkurang kita sekarang sudah makin dekat dengan sasaran, Insya Allah. Tidak terlalu lama kita bisa," ujar Luhut. (miq/hri)