ADVERTISEMENT

Begini Cara Ragunan Cegah Anak Masuk Kandang Gorila

Muhammad Fida ul Haq - detikNews
Kamis, 02 Jun 2016 14:09 WIB
Kandang gorila (Foto: Muhammad Fida)
Jakarta - Taman Margasatwa Ragunan memiliki banyak koleksi hewan buas. Kandang untuk mereka didesain khusus agar tak bisa terjangkau oleh pengunjung, termasuk anak-anak. Karena itu, tak pernah ada insiden anak kecil masuk kandang gorila seperti di Cincinnati, Amerika Serikat.

"Di Ragunan kebetulan tidak sampai seperti itu sampai seperti itu (anak masuk kandang)," kata humas Ragunan, Wahyudi Bambang, saat ditemui detikcom di kantornya, Kamis (2/6/2016).

Menurut Wahyudi, di Ragunan selalu ada peringatan melalui pengeras suara agar orang tua selalu mengawasi anak-anaknya ketika berada di kandang hewan. Khusus di kandang gorila, memang ada dua jenis kandang yakni gorila Kumbo yang ditutupi pagar besi dan kandang gorila Kihi yang dikelilingi parit dan pagar walau bernuansa outdoor.

"Anak-kadang apalagi harus mengalami pengawasan orang tua," tegasnya.

kandang gorila Kihi


Struktur kandang outdoor gorila di Ragunan hampir mirip dengan Cincinnati. Terdapat pagar luar yang berjarak sekitar 1,5 meter ke arah kandang, tumbuhan penghalang, kemudian parit yang lebarnya sekitar dua meter, lalu barulah sampai ke 'pulau' tempat gorila beraktivitas.

"Sangat safe sebenarnya. Kalau pengunjung bisa masuk berarti sangat tidak taat. Biasanya rasa penasaran yang buat manusia bisa masuk ke kandang," cerita Bambang.



Kandang gorila di Ragunan berada di area primata (pusat primata schmutzer). Dari gerbang ragunan, butuh waktu sekitar 15 menit berjalan kaki untuk menjangkaunya. Pusat primata schmuzter memiliki luas hingga 13 hektar. Di dalamnya, ada dua kandang gorila yang memiliki luas sampai 300 meter persegi. Kandang pertama, dipasangi pagar besi di sekelilingnya. Kandang kedua adalah area terbuka dengan pagar pembatas dan sungai kecil di antaranya.

Di sekitar kandang gorila juga disiagakan dua orang satpam. Mereka kadang menegur pengunjung yang melakukan pelanggaran.

pagar kandang


Jumlah pengunjung Ragunan pada saat liburan bisa mencapai puluhan ribu orang. (mad/mad)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT