ADVERTISEMENT

Menengok Kandang Gorila di Ragunan, Aman Untuk Anak dan Hewan?

Muhmmad Fida - detikNews
Kamis, 02 Jun 2016 12:48 WIB
Gorila Kihi di kandang Ragunan (Foto: Muhammad Fida)
Jakarta - Insiden anak tiga tahun masuk ke kandang gorila di Cincinnati, Amerika Serikat, menjadi perhatian dunia. Faktor desain kandang sampai kewaspadaan orang tua jadi sorotan. Bagaimana dengan kandang gorila di Ragunan?

detikcom menyambangi Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta Selatan, Rabu (1/6/2016) sekitar pukul 15.00 WIB. Posisi kandang gorila berada di area primata (pusat primata schmutzer). Dari gerbang ragunan, butuh waktu sekitar 15 menit berjalan kaki untuk menjangkaunya.

Pusat primata schmuzter memiliki luas hingga 13 hektar. Di dalamnya, ada dua kandang gorila yang memiliki luas sampai 300 meter persegi. Kandang pertama, dipasangi pagar besi di sekelilingnya. Kandang kedua adalah area terbuka dengan pagar pembatas dan sungai kecil di antaranya.

Pusat Primata Schmutzer (Muhammad Fida)


Di kandang pertama, terdapat seekor gorila jantan yang berukuran cukup besar. Hewan eksotis itu bernama Kumbo dengan usia 21 tahun. Kumbo berasal dari Inggris. Di depan kandangnya, tertulis peringatan yang sangat jelas: "Makanan manusia bisa membuat satwa sakit keras. Jangan beri"

Kandang besi (Muhammad Fida)


Kandang ini seluruhnya ditutupi oleh besi berwarna hijau. Tak ada celah untuk masuk bagi pengunjung, termasuk anak-anak. Meski begitu, isi kandangnya cukup luas, sehingga gorila tersebut masih bisa leluasa bergerak.

Di kandang kedua, terdapat gorila jantan lainnya bernama Kihi. Dia juga datang dari Inggris dan berusia 21 tahun. Berbeda dengan kandang Kumbo, kandang yang ditempati Kihi bertema outdoor. Tak ada 'jeruji' besi di sekelilingnya. Yang ada pagar pembatas lalu parit yang memisahkan antara area pengunjung dan gorila. Parit tersebut memiliki lebar sekitar dua meter. Sementara di area bermain gorila, terdapat pepohonan dan tanaman tinggi lain. Terkadang, gorila tersebut bersembunyi di pepohonan.

Kandang Kihi (Muhammad Fida)



detikcom sempat melihat pelatih gorila saat memberi makan Kihi. Gorila tersebut tampak lahap menikmati makan sorenya. Di sekitar kandang Kihi juga terdapat peringatan agar tak memberi makan. Untuk mengantisipasi ada pengunjung nakal dan kemungkinan anak yang terlepas dari pengawasan orang tua, seorang satpam disiagakan juga di dekat kandang. Mereka kadang menegur pengunjung yang melakukan pelanggaran.

"Di sini aman, nggak pernah ada kejadian apa-apa. Apalagi seperti di Amerika Serikat," kata seorang petugas di dekat kandang gorila.

Kandang Kumbo


Kandang-kandang hewan buas di Ragunan pun hampir serupa dengan kandang Kihi. Seperti di kandang macan tutul, singa dan buaya. Kandang mereka berada di ruang terbuka dengan luas sekitar 300 meter persegi. Di sekelilingnya, ada pagar dan parit yang membatasi pengunjung.

Pengunjung Ragunan di kandang gorila
(mad/mad)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT