Gafatar Miliki 40-50 Ribu Anggota, 12 Gubernur, dan Ibu Kota di Jakarta

Edward Febriyatri Kusuma - detikNews
Senin, 30 Mei 2016 19:26 WIB
Foto: Ilustrasi: Edi Wahyono
Jakarta - Gafatar ternyata bukan organisasi kecil. Anggota mereka mencapai puluhan ribu orang. Mereka juga memiliki susunan organisasi setingkat gubernur di 12 provinsi.

"Anggota cukup banyak, kisaran 40-50 ribu yang tersebar di seluruh Indonesia," jelas Kasubdit 1 Keamanan Negara Ditipidum Bareskrim AKBP Satria Adhy Permana di Bareskrim Mabes Polri, Jakarta, Senin (30/5/2016).

"Ada 12 wilayah dibagi struktur gubernur, sejak deklarasi Agustus juga dilakukan pelantikan terhadap 12 gubernur tersebut," tambah Satria.

Diketahui dari kegiatan 12 gubernur juga melaksanakan kegiatan dan memberikan laporan pada sosok presiden negeri karunia tuhan semesta alam nusantara.

"12 Wilayah terbagi dari Sumatera Jawa Kalimantan sampai Papua, ibu kota negara di Jakarta," tambah dia.

Bareskrim sudah menetapkan Ahmad Musadeq, Andi Chaya, dan Mahful Tumanurung sebagai tersangka terkait penistaan agama dan juga pemufakatan untuk melakukan makar.

"Perannya adalah berdasarkan dokumen, dan saksi, Andi Cahya, sebagai presiden, Wapres Mahful Muiz Tumanurung. Ahmad Musadeq berperan sebagai guru spiritual, kita kenakan turut serta dalam upaya pemufakatan makar," urai Satria.

Pasal yang dijerat terkait penodaan agama, 156 huruf a KUHP serta kemudian pasal upaya makar, pasal 110 juncto 117 KUHP.

"Musadeq masih nyatakan sebagai nabi setelah Muhammad, dan juga sebagai mesias," tambah dia. (edo/dra)