Ahok Resmikan Portal S untuk Penyandang Disabilitas di Trotoar RSCM

Yulida Medistiara - detikNews
Sabtu, 28 Mei 2016 12:28 WIB
Foto: Yulida Medistiara/detikcom
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) Sabtu pagi ini meresmikan Portal S di trotoar depan Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Jakarta Pusat. Disebut Portal S karena bentuknya seperti huruf 'S' dan menggunakan bahan stainless steel.


Portal S dibuat dengan meniru Kyoto Jepang yang diperuntukkan bagi penyandang disabilitas. Selain Ahok, hadir dalam acara peresmian ini Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Andri Yansyah, Wali Kota Jakarta Pusat Mangara Pardede dan jajaran direksi RSCM juga Ketua Gerakan Aksesbilitas Umum Nasional (GAUN) DKI Aryani.

Upacara pencanangan dilanjutkan dengan ujicoba Portal S, ubin pemandu, penyeberangan jalan, halte angkutan umum serta mencoba fasilitas bus akses. Uji coba dilaksanakan oleh 10 pengguna kursi roda 10 penyandang disabilitas netra 6 penyandang disabilitas rungu wicara. Mereka didampingi relawan Bravo (mahasiswa UNJ) dan alumni SMAN 7 Jakarta.



Menurut Aryani, uji coba dimaksudkan untuk memberi penilaian soal kenyamanan, kemudahan, keselamatan dan kemandirian penyandang disabilitas dalam menggunakan sejumlah fasilitas tersebut.

"Serta apakah fasilitas aksesibilitas ini sudah sesuai dengan peraturan teknis yang ada dan bagaimana perbaikannya yang sesuai dengan peraturan yang ada," kata Aryani di lokasi Portal S, jalan Diponegoro, Jakarta Pusat, Sabtu (28/5/2016).

(erd/erd)