DetikNews
Selasa 24 Mei 2016, 14:22 WIB

Novanto Diminta Pilih Pengurus yang Rekonsiliatif dan Dipercaya Publik

Indah Mutiara Kami - detikNews
Novanto Diminta Pilih Pengurus yang Rekonsiliatif dan Dipercaya Publik Foto: Subastian Basith
Jakarta - Ketum Golkar Setya Novanto diminta hati-hati dalam memilih kader yang akan ditempatkan sebagai pengurus. Struktur kepengurusan Golkar diharapkan memberi citra baru setelah partai beringin ini erat dengan perpecahan.

"Yang terbaik adalah yang bisa memberi sinyal ada yang namanya mempersatukan kembali yang selama ini pecah. Itu harus tergambar," kata tim pemenangan Ade Komarudin saat menjadi caketum, Ahmadi Noor Supit saat dihubungi, Selasa (24/5/2016).

Jumlah personel yang dirancang hanya sekitar 150 orang tidak dipermasalahkan oleh Supit. Yang terpenting, pengurus nanti diisi sosok-sosok yang tepat dan mewakili berbagai kepentingan.

"Sosok yang rekonsiliatif, memperlihatkan trust. Memilih personalia harus hati hati," ucapnya.

Formatur yang dipimpin Novanto beranggotakan dua unsur pimpinan DPD I dari wilayah barat, dua pimpinan DPD I dari wilayah tengah, dua pimpinan DPD I dari wilayah timur, satu pimpinan ormas dan satu perempuan. Formatur punya waktu 15 hari untuk menyusun kepengurusan.

Sesaat setelah terpilih sebagai Ketum Golkar, Novanto sudah memilih Nurdin Halid sebagai Ketua Harian, Idrus Marham selaku Sekjen, dan Robert Joppy Kardinal sebagai Bendum. Hanya saja, Supit menilai penunjukkan ketiganya masih bisa berubah.

"Ketua harian, sekjen, dan bendum bukan produk munas, harus produk formatur. Formatur kan belum (selesai). Tidak boleh seolah-olah sudah terpilih ketua harian, sekjen, dan bendum," ungkap Supit.

Sebagai salah satu tokoh sentral di Golkar, Nurdin Halid memang pernah menuai penolakan yaitu ketika dia ditunjuk sebagai ketua SC Munaslub. Kini, penolakan itu ternyata masih terlihat ketika Nurdin diberi jabatan ketua harian.

"Nampaknya selama ini memang begitu (ada penolakan)," ucap Supit.
(imk/tor)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed