DetikNews
Selasa 24 Mei 2016, 11:09 WIB

Dirancang Ramping, Kepengurusan Golkar di Bawah Novanto Bisa Menggemuk

Indah Mutiara Kami - detikNews
Dirancang Ramping, Kepengurusan Golkar di Bawah Novanto Bisa Menggemuk Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Kepengurusan Golkar di bawah kepemimpinan Setya Novanto dirancang ramping dan hanya menampung 150 kader. Namun dalam perkembangannya, kepengurusan itu bisa lebih gemuk.

"Ada ruang untuk dapat mengakomodasi yang ada," kata Sekjen Golkar Idrus Marham saat dihubungi, Selasa (24/5/2016).

Idrus sebagai sekjen tidak secara langsung terdaftar sebagai formatur. Formatur beranggotakan dua unsur pimpinan DPD I dari wilayah barat, dua pimpinan DPD I dari wilayah tengah, dua pimpinan DPD I dari wilayah timur, satu pimpinan ormas dan satu perempuan.

Formatur punya waktu 15 hari untuk menyusun kepengurusan. Tetapi, Idrus meyakini bahwa Novanto dan tim formatur bisa menyelesaikannya dalam beberapa hari lagi.

"Saya yakin kepengurusan akan selesai lebih cepat. Dalam 1-2 hari ini bisa selesai," ucapnya.

Perdebatan memang mewarnai penyusunan kepengurusan ini. Loyalis eks caketum yang dulu bersaing dengan Novanto pun meminta jatah. Idrus mengatakan bahwa berbagai kepentingan di Golkar akan terakomodir di kepengurusan ini.

"Memang tidak bisa sekali jadi. Ini partai besar, perlu akomodasi kepentingan yang ada," ujar Idrus.

Sebelumnya diberitakan, AD/ART Golkar direvisi saat Munaslub lalu. Salah satu poin revisi adalah kepengurusan yang lebih ramping.

"Jumlah anggota kepengurusan sudah ditentukan di AD/ART. Maksimal 157 orang, kalau dulu sampai 375 orang," kata Ketua Harian Golkar Nurdin Halid saat dihubungi, Kamis (19/5/2016).


(imk/tor)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed