Penjelasan Maarif Institute Terkait Hasil Indeks Kota Islami

Kartika Sari Tarigan - detikNews
Selasa, 17 Mei 2016 15:25 WIB
Indeks Kota Islami/ Foto: Kartika Sari Tarigan/detikcom
Jakarta - Maarif Institute sudah resmi mengumumkan 29 kota dengan tingkat Indeks Kota Islami (IKI) yang bervariasi. Tiga kota dengan nilai IKI tertinggi adalah Denpasar, Bandung dan Yogyakarta dengan IKI sama yaitu 80.64.

"Konteksnya di sini, universal nilai-nilai peradaban yang cukup tinggi yang dinilai dari pendidikan yang baik, kesehatan, kemudian kepemimpinan yang transparan," kata Direktur Riset Maarif Institute Ahmad Imam Mujadid Rais usai mengumumkan 29 kota IKI di Hotel Alia Cikini, Jakarta Pusat, Selasa (17/5/2016).

"Kalaupun Denpasar penduduknya banyak Hindu, apakah kemudian bisa disebut Islami dari sisi nilai-nilai? Saya kira iya," imbuh dia.

Rais mengatakan, konteks Islam dalam penelitian ini merujuk pada kota dan bukan perilaku masyarakatnya. Dia menekankan, pemahaman Islami ini bukan berarti harus orang Islam.

"Penduduk satu kota mayoritas non Muslim, andaikata dia menggunakan, punya program atau kebijakan yang berhubungan terhadap nilai-nilai Islam saya kira itu sah-sah saja memiliki skor yang cukup tinggi," jelas Rais.

Maarif Institute mengadakan penelitian Indeks Kota Islami yang melibatkan 29 kota. Penelitian ini dilakukan mengacu pada data tahun 2014 dari Kemendagri.

"Kita minta izin dan dapat data tahun 2014 dari Kemendagri. Kita gunakan semuanya (data), mulai data-data ketersediaan di BPS, data-data di Perda, kita konfirmasi BPS daerah. Kita datang ke kepolisian untuk data angka kriminal," urai Rais.

Rais sendiri mengatakan, kendala dalam penelitian ini adalah data yang sulit untuk diupdate. "Bisa cek sendiri di lapangan, data tahun 2014 itu baru keluar 2016. Coba bayangkan data 2016 keluar tahun berapa?" tuturnya. (rvk/rvk)