Jokowi Bawa Sate Maranggi Mendunia, Bupati Purwakarta pun Tersanjung

Tri Ispranoto - detikNews
Senin, 16 Mei 2016 18:53 WIB
Foto: Tri Ispranoto/detikcom
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) membawa kuliner khas Kabupaten Purwakarta yakni sate maranggi mendunia. Melalui akun twitternya @jokowi, Presiden menyebutkan sate maranggi sebagai menu spesial santap siangnya bersama para CEO Korea Selatan yang berinvestasi di Indonesia.

"Sate Maranggi dan Kopi Mandailing menu spesial santap siang dengan para CEO Korsel yg berinvestasi di Indonesia – Jkw," tulis @jokowi pada Senin (16/5/2016) siang.

Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi merasa tersanjung dengan cuitan Presiden Jokowi yang secara tidak langsung mengenalkan kuliner khas Kabupaten Purwakarta itu ke dunia. Dedi yang selama ini menjadikan sate maranggi sebagai ajang promosi pariwisata pun merasa sangat terima kasih.

"Itu cermin Pak Jokowi ini mencintai makanan Indonesia terutama makanan yang dihasilkan dari tangan rakyat-rakyat kecil di daerah. Dan sekarang sate maranggi mendunia bersama Pak Jokowi," tutur Dedi.

Dedi sendiri mengaku selama ini selalu menyediakan sate maranggi sebagai makanan untuk menjamu para tamu yang datang ke Pemkab Purwakarta.

"Apalagi nanti Agustus kita undang Pak Jokowi untuk meresmikan taman, jalan, dan museum, pasti sate maranggi akan kita hidangkan sebagai menu spesial," katanya.

Seperti diketahui dalam setiap kunjungannya ke daerah Dedi selalu menceritakan soal kenikmatan sate maranggi sebagai kuliner asli Kabupaten Purwakarta. Tidak hanya itu dalam setiap ajang internasional, sate maranggi pun selalu didaftarkan sebagai salah satu peserta yang mewakili Indonesia. Salah satunya adalah ajang World Street Food Congress 2016 yang digelar di Manila, Filipina, beberapa waktu lalu. (erd/erd)