Munaslub Golkar 2016

Timses Novanto Apresiasi Dukungan Belasan DPD I Golkar

Elza Astari Retaduari - detikNews
Senin, 16 Mei 2016 14:59 WIB
Foto: Ari Saputra
Badung - Sejumlah Pimpinan DPD Provinsi Partai Golkar menyatakan dukungan terbukanya kepada Caketum Setya Novanto saat Pandangan Umum soal LPJ Ketum Aburizal Bakrie. Tim Sukses Novanto pun langsung mengucapkan terima kasih seolah sudah mendapat kemenangan.

"Kami mengapresiasi atas dukungan teman-teman DPD ke Pak Setya Novanto," ungkap Timses Novanto Nurul Arifin di arena Munaslub Golkar di BNDCC, Bali, Senin (16/5/2016).

Nurul menyebut bahwa dukungan yang diberikan DPD merupakan buah karya dari tim sukses yang selama ini bekerja di balik layar. Tampak dalam konferensi pers itu ada Agus Gumiwang Kartasasmita dan Ace Hasan Syadzili.

"Tim yang ada di belakang kami sudah bekerja selama 3 bulan. Bukan baru bekerja 3 hari ini (selama Munaslub). Kami juga didukung mahasiswa pusat studi komunikasi Setya Novanto untuk melakukan komunikasi intensif," kata Nurul.

"Jadi ini hasil kerja keras kami, bukan ujug-ujug dapat dukungan. Ini bukan hanya kemenangan Pak Setya Novanto tapi kuga kejayaan Partai Golkar. Kami tidak ingin nanti kalau Pak Setya Novanto dipercaya menjadi Ketum maka image ada karena hal lain seperti kekuatan dukungan logistik dan lain-lain, itu faktor pendukung," sambungnya.

Timses Novanto mengklaim didukung oleh 18 DPD tingkat 1, yakni 16 disampaikan secara eksplisit atau terbuka di forum Pandangan Umum. Sementara dua DPD disebut Nurul dilakukan secara implisit atau tidak langsung.

"Yang dua tidak secara eksplisit tapi kita baca saat pandangan umum semalam, dari Bengkulu dan Sumut. Mereka tidak menyebut nama tapi kami menangkap seperti itu, memberikan apresiasinya," ucap dia.

Dalam pernyataan persnya, timses Novanto yang menjadi koordinator pemenangan di daerah juga angkat bicara. Seperti koordinator dari Kalimantan yang mengatakan mereka bekerja langsung turun ke lapangan membangun strategi pendekatan kepada kader-kader Golkar di daerah.

Sementara itu Agus Gumiwang juga memberi apresiasinya kepada DPD-DPD yang memberi dukungan secara terbuka di Munaslub. Ia pun menyebut sudah ada beberapa caketum lain yang mendekat dan akan mendukung Novanto jika tiba waktunya.

"18 Daerah menyampaikan dukungan ke Pak Novanto. Maaf bukan kami bermaksud sombong atau gede rasa, itu sebuah hal yang wajar. Karena kerja-kerja kami dari timses sudah begitu lama, kami kerja 24 jam. Ada yang di belakang layar, depan layar, samping layar, jadi sudah sepantasnya," tutur Agus.

"Sudah ada beberapa calon menyatakan bahwa akan dukung Pak Nov, paling tidak ketika nanti proses putaran pertama, jika pun itu ada (putaran kedua). Etisnya tidak perlu dikasih tahu namanya," imbuh dia.

Panitia penyelenggara sebenarnya sudah mengimbau agar Ketua DPD tidak menyebut nama caketum yang didukungnya. Berbagai isu muncul di arena munaslub, termasuk soal adanya guyuran miliaran rupiah per satu suara. Pemilihan ketua umum sendiri belum diketahui jadwal pastinya.

Dalam pemandangan umum DPD-DPD Golkar yang selesai siang ini, reporter detikcom di arena munaslub mencatat ada 14 DPD I yang menyatakan dukungan ke Novano. Ke-14 DPD I Golkar yang mendukung Novanto adalah Jawa Timur, NTB, Kepulauan Riau, Banten, Bali, Kalimantan Utara, NTT, Papua Barat, Bangka Belitung, Maluku Utara, Maluku, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, dan Jambi. Namun suara DPD I itu teryata tidak sepenuhnya bulat. Ada pengurus DPD II yang tak setuju dengan dukungan DPD I untuk Novanto. Mereka yang tak sependapat dengan DPD I itu adalah DPD II Cilegon Banten dan DPD II Buton Selatan.

Selain itu ada 1 DPD tingkat I yakni DPD I Yogyakarta yang saat membacakan tanggapan atas LPJ Ical juga menyelipkan kalimat dukungan untuk Ade Komarudin. Selain ke-15 DPD tingkat I itu ada 19 DPD yang hingga kini belum menyebutkan secara terbuka kandidat yang akan mereka dukung.  (ear/tor)